Warga Palangka Raya diminta waspadai potensi sambaran petir

id Dprd palangka raya, palangka raya, jum'atni, legislatif, legislator, cuaca ekstrem, petir, sambaran, hujan

Warga Palangka Raya diminta waspadai potensi sambaran petir

Ilustrasi petir. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Jum'atni mengimbau masyarakat di wilayah setempat, agar mewaspadai bahaya sambaran petir pada musim hujan seperti saat ini.

"Potensi petir di daerah ini tampaknya sangat tinggi pada saat hujan turun, maka dari itu saya meminta masyarakat berhati-hati saat berada di luar rumah," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Ia mengatakan, dalam beberapa hari terakhir curah hujan di Palangka Raya cukup tinggi disertai petir yang dahsyat. Bahkan beberapa waktu lalu akibat petir yang menyambar ke daratan, mengakibatkan seorang warga tewas.

Dalam hal ini, pihaknya meminta agar masyarakat mengurangi aktivitas ketika berada di luar rumah saat hujan. Kemudian jangan sampai menggunakan barang elektronik yang berpotensi menjadi sasaran sambaran petir.

"Saran saya untuk menghindari bahaya tersebut, apabila hujan turun lebih baik berdiam diri di rumah. Kalau berada dalam perjalanan, alangkah baiknya berhenti di tempat yang aman guna menghindari potensi sambaran petir," terangnya.

Anggota Komisi B di DPRD setempat itu juga menegaskan, selain bahaya sambaran petir yang patut diwaspadai yakni potensi pohon tumbang pada saat angin bertiup kencang.

Bahaya pohon tumbang tersebut tentunya juga dapat membahayakan nyawa masyarakat di wilayah setempat. Beberapa waktu lalu juga banyak pohon dekat jalan raya dan permukiman yang tumbang, akibat angin kencang disertai hujan cukup lebat.

"Cuaca ekstrem seperti beberapa waktu lalu wajib diwaspadai, karena dengan adanya hal tersebut berpotensi menyebabkan bencana banjir, angin puting beliung dan sambaran petir," ungkap Jum'atni.

Lebih lanjut ia mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar meningkatkan kewaspadaannya terhadap hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri dan keluarga. Diperlukan kesadaran diri sendiri untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan tersebut.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar