Pemkab diharapkan mampu berikan solusi membuka lahan tanpa bakar

id Kalimantan Tengah, Kalteng, Kuala Pembuang, Seruyan, DPRD Seruyan,Hary Darmawan

Pemkab diharapkan mampu berikan solusi membuka lahan tanpa bakar

Anggota DPRD Seruyan Hary Darmawan saat berada di Ruang Rapat DPRD Seruyan, baru-baru ini. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Hary Darmawan mengharapkan Pemerintah setempat mampu memberikan solusi lain sekaligus bantuan kepada masyarakat, khususnya petani pasca diberlakukannya kebijakan melarang membuka lahan pertanian dengan cara membakar.

“Para petani di daerah pemilihan III (Dapil) III mengeluh karena kekurangan pangan khususnya beras,” kata Anggota DPRD Seruyan Hary Darmawan di Kuala Pembuang, baru-baru ini.

Menurutnya Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Kurangnya komoditas beras di Dapil III disebabkan karena keterbatasan lahan kosong  untuk pertanian, sehingga mengakibatkan hasil panen sedikit akibat dari aturan larangan membakar lahan.

Baca juga: Pengoptimalan sektor perikanan di Seruyan tingkatkan kesejahteraan masyarakat

Maka dari itu masyarakat kesulitan membuka lahan untuk pertanian. Diharapkan pemerintah daerah agar bisa memberikan solusi dan bantuan. Dengan begitu kebutuhan pangan berupa beras dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Anggota DPRD Seruyan termuda itu mengharapkan, pemerintah daerah siap dan segera membantu masyarakat di desa-desa, khususnya di daerah pemilihan III yang meliputi kecamatan Batu Ampar, Seruyan Tengah, Seruyan Hulu dan kecamatan Suling Tambun.

"Bantuan yang diharapkan  tersebut berupa beras dan juga memberikan bantuan kepada kelompok tani agar bisa menggarap lahan pertanian tanpa bakar berupa alat-alat pertanian yang tepat untuk menggarap lahan di sana," ungkap Hary.

Dikatakan, lahan pertanian di dapil III banyak sisa-sisa potongan pohon dan kayu seperti tunggul dan lain sebagainya yang berada di lahan tersebut, sehingga hal itu membuat petani cukup kesulitan untuk menggarap lahan pertanian tanpa adanya alat mesin pertanian (Alsintan).

Baca juga: Kartu peserta tes CPNS Seruyan dibagikan 21 Januari 2020

Ia menambahkan dengan adanya bantuan alsintan itu tentu nelayan akan merasa terbantu dan dengan begitu para nelayan akan bisa menggarap lahan pertanian yang masih belum bisa tergarap.

Dengan demikian, bisa meningkatkan lahan pertanian dan pastinya hasil panen padi juga meningkat, dengan begitu komoditas beras di daerah dapil III khususnya dan umumnya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Seruyan.

Baca juga: Pembagian kartu peserta tes CPNS Seruyan tunggu jadwal