Sinergikan tupoksi penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan di Kapuas melalui FLLAJ

id Pemkab kapuas, kuala kapuas, perhubungan, dishub, dinas perhubungan, angkutan darat, fllaj

Sinergikan tupoksi penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan di Kapuas melalui FLLAJ

Dinas Perhubungan Kapuas saat membentuk Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) yang dipusatkan, Kuala Kapuas, Jumat, (17/1/2020). (ANTARA/Ho-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah membentuk Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) yang dipusatkan pada Dinas Perhubungan setempat.

Dalam rangka menanggapi banyaknya permasalahan menyangkut fisik jalan, lalu lintas dan angkutan jalan yang begitu kompleks, serta melibatkan beberapa instansi maka diperlukan upaya yang signifikan, kata Kepala Dinas Perhubungan Kapuas Vitrianson di Kuala Kapuas, Minggu.

"Fungsi dari forum tersebut sebagai wahana mengnyinergikan tugas pokok dan fungsi setiap penyelenggara lalu lintas maupun angkutan jalan," katanya.

Selain itu, lanjutnya, forum tersebut juga sebagai wadah koordinasi antar instansi penyelenggara yang memerlukan keterpaduan dalam perencanaan, penyelenggaraan dan penyelesaian masalah-masalah lalu lintas dan angkutan jalan di wilayah setempat.

Pihaknya berharap forum tersebut, bergerak sesuai kebutuhan dan memenuhi tuntutan-tuntutan masyarakat terkait lalu lintas maupun angkutan jalan. Forum itu juga merupakan salah satu langkah yang diambil, dalam rangka menjamin keselamatan.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kapuas Junaidi mengatakan, pihaknya siap dan mendukung sepenuhnya pembentukan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tersebut.

"Kami melalui beberapa fasilitas yang dimiliki, seperti tiga buah videotron dan website akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan maupun instansi terkait lainnya tentang kegiatan tersebut," terangnya di sela kegiatan kerjanya.

Kerja sama dimaksud, yakni berupa penyampaian informasi tentang keselamatan dan tata aturan di jalan sehingga dapat disebarluaskan kepada masyarakat. Semakin gencar upaya penyebarluasan informasinya, maka akan semakin banyak pula masyarakat yang mengetahuinya.

Selain dari Dinas Perhubungan dan Diskominfo Kapuas, kegiatan pembentukan forum tersebut juga mengikutsertakan perwakilan dari Bappeda, Satuan Lalu Lintas Polres, Kodim 1011/Klk, Jasa Raharja, Polisi Militer, Dinas PU dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta beberapa pihak terkait lainnya di wilayah Kapuas.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar