Pemkab Barsel berencana suntik rabies seluruh hewan peliharaan

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten bartito selatan,barsel,hewan peliharaan divaksin,buntok

Pemkab Barsel berencana suntik rabies seluruh hewan peliharaan

Kabid Peternakan DKPPP Barito Selatan Hevijanto. (ANTARA/Bayu Ilmiawan).

Buntok (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, berencana akan memaksin seluruh hewan peliharaan yang jumlahnya diperkirakan seribuan yang ada di wilayah setempat.

Vaksinasi terhadap seribuan ekor hewan peliharaan tersebut rencananya dilaksanakan Mei 2020, kata Kabid Peternakan DKPPP Barito Selatan Hevijanto di Buntok, Senin.

"Tapi karena memasuki bulan Ramadhan, maka jadwal vaksinasinya akan dimajukan pada April 2020 mendatang," tambahnya.

Dikatakan, vaksinasi terhadap seribu ekor hewan peliharaan tersebut merupakan target awal, sambil menunggu vaksin tambahan dari dinas terkait pada pemerintah provinsi Kalimantan Tengah.

Hevijanto mengatakan vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan terutama anjing tersebut, akan dilaksanakan pada disejumlah desa yang berada diempat kecamatan di daerah ini.

Empat kecamatan yang menjadi sasaran vaksinasi rabies tersebut yakni hewan peliharaan yang berada Kecamatan Dusun Selatan, Kecamatan Dusun Utara, Kecamatan Gunung Bintang Awai, dan Kecamatan Karau Kuala.

"Hal itu mengingat jumlah hewan peliharaan terutama anjing populasinya lebih banyak pada empat kecamatan itu dibandingkan yang ada di wilayah Kecamatan Dusun Hilir, sedangkan di wilayah Kecamatan Jenamas tidak ada populasi anjingnya," jelasnya.

Baca juga: PDAM Barito Selatan tambah kapasitas pengolahan air bersih

Sebelum melaksanakan vaksinasi kata dia, pihaknya akan terlebih dahulu mengirimkan surat kepada pihak kecamatan terkait hal itu, supaya pihak kecamatan selanjutnya bisa menginformasikan kepada masing-masing desa.

"D idalam surat itu nantinya akan kita cantumkan tanggal jadwal vaksinasi hewan peliharaan pada masing-masing desa," ucapnya.

Hevijanto mengharapkan kepada masyarakat supaya menyiapkan agar pada saat jadwal vaksinasi dilaksanakan, hewan peliharaannya sudah siap untuk divaksinasi.

Karena kata dia, pada saat vaksinasi dilaksanakan biasanya hewan peliharaan seperti anjing berada di kebun, dan dirinya diharapkan pada saat jadwal pelaksanaan vaksinasi nantinya, hewan peliharaan milik masyarakat berada di desa sehingga bisa tervaksinasi semuanya.

"Vaksinasi ini sangat penting dilakukan agar hewan peliharaan tidak terkena penyakit rabies yang sangat membahayakan itu," demikian Hevijanto.

Baca juga: Aparatur desa di Barito Selatan dibekali pengetahuan teknis penyusunan APBDes

Baca juga: Puluhan wilayah di Barito Selatan rawan terkena banjir

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar