Tingkatkan disiplin pegawai, Pemkab Seruyan terapkan absensi sidik jari

id Pemkab seruyan, seruyan, kuala pembuang, absensi, absen, sidik jari, finger print, bupati seruyan, yulhaidir

Tingkatkan disiplin pegawai, Pemkab Seruyan terapkan absensi sidik jari

Seorang tenaga kontrak hendak menggunakan absensi sidik jari di Kuala Pembuang, Selasa, (21/1/2020). (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menerapkan absensi sidik jari atau 'fingerprint' kepada seluruh pegawai negeri sipil (PNS) dan tenaga kontrak di wilayah setempat.

“Absensi elektronik ini kami terapkan untuk meningkatkan disiplin pegawai. Hal ini agar pegawai mudah terkontrol, baik saat masuk maupun pulang kerja,” kata Bupati Seruyan Yulhaidir di Kuala Pembuang, Selasa.

Menurutnya, dengan adanya absensi sidik jari yang sudah terpasang tersebut, memudahkan pihaknya dalam mengontrol dan melihat kehadiran pegawai. Hingga pada akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan disiplin pegawai.

Keberadaan absensi sidik jari, juga membuat para pegawai tidak bisa melakukan kecurangan, seperti titip absen kepada temannya karena penggunaan alat tersebut tidak bisa diwakilkan orang lain.

“Karena menggunakan sidik jari. Tentu setiap orang sidik jarinya berbeda, jadi tidak bisa lagi diwakilkan oleh teman," ungkapnya.

Lebih lanjut ia meminta, agar para pegawai maupun petugas keamanan di tiap perkantoran bisa memelihara dan menjaga setiap fasilitas yang dimiliki, termasuk mesin absensi sidik jari tersebut.

Jangan sampai anggaran yang telah digunakan untuk pengadaan mesin absensi sidik jari terbuang sia-sia, dikarenakan mesin absen tersebut mengalami kerusakan akibat ulah oknum tidak bertanggung jawab.

“Petugas itu harus diberi tahu, baik secara lisan maupun tertulis, juga dipertegas tugasnya untuk mengamankan lingkungan perkantoran, termasuk absensi sidik jari serta televisi sirkuit tertutup atau 'closed circuit television' (CCTV), ” tegasnya.

Apabila semua pihak memiliki kesadaran untuk menjaga serta memelihara berbagai fasilitas yang dimiliki, maka manfaatnya akan bisa dinikmati dalam jangka waktu yang lebih lama.

Yulhaidir mengharapkan agar penambahan berbagai fasilitas kantor yang telah pihaknya lakukan, membuat semangat kerja para pegawai meningkat sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.