Kurangi kecanduan ponsel dengan 3 aplikasi baru dari Google

id Google,Kurangi kecanduan ponsel, 3 aplikasi baru dari Google,Special Projects,Experiments, Activity Bubbles dan Screen Stopwatch

Kurangi kecanduan ponsel dengan 3 aplikasi baru dari Google

Aplikasi Activity Bubbles (kiri) dan Screen Stopwatch (kanan) yang dirilis Google untuk mengatasi masalah penggunaan ponsel yang berlebihan. (Google Play Store)

Jakarta (ANTARA) - Google merilis tiga aplikasi baru, yang belum lama ini telah muncul di Play Store, guna mengatasi masalah penggunaan ponsel yang berlebihan.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu, tiga aplikasi tersebut antara lain Special Projects, yang dikembangkan oleh divisi Experiments, Activity Bubbles dan Screen Stopwatch yang diterbitkan oleh Google Creative Lab.

Special Projects pada dasarnya mengubah perangkat smartphone menjadi feature phone.

Baca juga: Google setuju jika AI harus diatur

Ketika diaktifkan, semua fitur pada ponsel pintar akan dinon-aktifkan, kecuali fungsi dasar ponsel, seperti panggilan, jam dan kemampuan untuk mengambil foto dan video, serta pembaca sidik jari.

Sementara itu, Activity Bubbles dan Screen Stopwatch pada dasarnya adalah “wallpaper hidup” yang dimaksudkan untuk mencatat waktu penggunaan ponsel.

Activity Bubble akan menghitung waktu setiap kali kunci ponsel terbuka, dengan menghadirkan gelembung di layar, sampai pengguna kembali mengunci ponsel.

Sedangkan, Screen Stopwatch akan menampilkan stopwatch besar di layar, yang aktif selama layar ponsel aktif.

Ketiga aplikasi tersebut dapat diunduh gratis di Google Play Store. Namun, Special Project saat ini hanya tersedia untuk Google Pixel 3a. Sementara, Activity Bubbles dan Screen Stopwatch tersedia untuk pilihan perangkat yang lebih luas.

Baca juga: Huawei menemukan pengganti Google Maps

Baca juga: Salah satu dari dua ponsel Google gunakan chipset 5G

Baca juga: Google hentikan sambungan Xiaomi ke Nest Hub karena ini