Barito Utara bentuk pos pelayanan teknologi antar desa

id posyantek,barito utara,antar desa,iptek,dinas sosial pmd barut

Barito Utara bentuk pos pelayanan teknologi antar desa

Plt Kepala Dinas Sosial PMD Barito Utara Eveready Noor bersama Camat Teweh Tengah Mastur melakukan konsultasi ke Dinas PMD Kalteng terkait pembentukan Posyantek di Palangka Raya, Senin (20/1/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah akan membentuk pos pelayanan teknologi (Posyantek) antar desa  terkait dengan cepat dan canggihnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau iptek saat ini.

“Kita harapkan desa-desa nantinya mampu mempelajari, menerapkan dan tukar informasi dan teknologi tepat guna yang sesuai dengan potensi dan sumber daya alam yang ada di desa dan antar desa yang diimbangi dengan kegiatan peningkatan kualitas SDM sesuai dengan kebutuhan," kata Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan dan Masyarakata Desa Barito Utara Eveready Noor di Muara Teweh, Rabu.

Menurut dia, pembentukan posyantek ini adalah untuk pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna dalam pengelolaan sumber daya alam desa, sebagai upaya optimalisasi SDA desa yang lestari, memajukan ekonomi desa, penguatan kapabilitas masyarakat dan peningkatan partisipasi masyarakat.

Selain itu,  kata dia, tujuan dari pembentukan posyantek ini nantinya adalah pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna dalam pengelolaan SDA yang menjamin terpeliharanya keutuhan dan kelesrtarian wilayah desa, serta mewujudkan pemanfaatan SDA yang menjamin keadilan antargenerasi dan intrabenerasi.

"Untuk itu mari kita lebih galakkan kegiatan ekonomi dan SDA berbasis teknologi tepat guna," katanya. 

Dia mengharapkan melalui kegiatan ini lebih meningkatkan segi efektif dan efesiensi, nilai tambah, produk berkualias dan harga bersaing.

Dengan demikian sedikit banyak akan dapat meningkatkan tarap hidup masyarakat desa dan dijadikan salah satu upaya mengurangi angka kemiskinan di daerah ini. 

"Di sisi lain mari kita ciptakan produk unggulan masing-masing desa," ujarnya.

Guna persiapan digentuknya Posyantek ini pihaknya dan Camat Teweh Tengah Mastur telah melakukan konsultasi ke Dinas PMD Kalteng di Palangka Raya. 
 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar