Tips memulai bisnis fesyen lewat 'marketplace'

id bisnis fesyen,marketplace,Tips memulai bisnis fesyen lewat 'marketplace'

Tips memulai bisnis fesyen lewat 'marketplace'

Ilustrasi belanja online. (Pixabay/athree23)

Jakarta (ANTARA) - Memulai bisnis di bidang fesyen maupun gaya hidup terdengar rumit. Banyak hal yang harus diperhatikan oleh penjual, khusunya pengadaan yang hemat, transparan, dan efisien.

Namun, dukungan teknologi yang semakin canggih dan mudah, seperti kehadiran situs layanan perdagangan daring (marketplace), memudahkan penjual maupun pembelinya dalam sekali klik.

Marketplace Zilingo melalui keterangan yang diterima ANTARA, membagi sejumlah tips bagi pebisnis busana dan fesyen yang baru akan merintis usahanya melalui layanan daring. Berikut ulasannya.

Bekali diri dengan ilmu dasar fesyen
Pelaku bisnis busana dan gaya hidup sebaiknya memiliki wawasan tentang jenis kain yang tersedia di pasaran.

Baca juga: Benarkah belanja di marketplace lebih aman?

Hal ini penting untuk diketahui sebelum melakukan pembelanjaan bahan baku secara daring guna meminimalisir kemungkinan salah pesan dan menerima produk yang tidak sesuai dengan deskripsi dari penjual.

Mengikuti tren fesyen terkini
Berusaha mengikuti tren fesyen terkini yang digemari oleh konsumen juga dapat membantu Anda menentukan jenis kain yang dibutuhkan untuk produk Anda.

Jangan mudah tergiur harga murah
Sebelum melakukan pembelian, baca secara seksama deskripsi yang disediakan oleh penjual, mulai dari label atau merek, bahan, dimensi, satuan unit, ketersediaan stok serta kualitas kain melalui gambar pendukung yang ada.
Ilustrasi sampel kain. (ANTARA/Shutterstock)

Baca juga: Ini trik belanja online dengan harga murah

Pastikan platform bisa menyediakan sampel bahan
Sebelum melakukan transaksi, cari tahu apakah platform maupun penjual pilihan Anda dapat menyediakan sampel produk yang dapat dikirimkan untuk Anda telah lebih lanjut, dan pastikan durasi pengirimannya.

Pilih platform pengadaan dengan reputasi baik
Sebelum menentukan pilihan dan menekan tombol ‘Bayar’, cari tahu apabila platform pengadaan pilihan Anda merupakan perusahaan yang terpercaya.

Periksa konten situs, foto produk, testimoni pelanggan, serta bukti transaksi.
Pelajari juga apabila platform pengadaan pilihan Anda juga terhubung secara langsung dengan manufaktur sehingga bisa mendapatkan harga tangan pertama (dari manufaktur langsung) - bukan harga agen.

Baca juga: Tips beli baju online sesuai ukuran badan

Baca juga: Cara bijak beli kosmetik 'online' agar tidak tertipu

Baca juga: Daftar kode promo paling dicari di 2019