Ketua PKK Gumas ajak masyarakat manfaatkan pekarangan dengan menanam sayur

id Ketua PKK Gumas , Mimie Mariatie Jaya S Monong,Ketua PKK Gumas ajak masyrakat manfaatkan pekarangan dengan menanam sayur

Ketua PKK Gumas ajak masyarakat manfaatkan pekarangan dengan menanam sayur

Ketua TP PKK Kabupaten Gumas Mimie Mariatie Jaya S Monong menunjukkan buah pare yang ditanam di pekarangan kediamannya, baru-baru ini. (ANTARA/HO – TP PKK Kabupaten Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua TP PKK Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Mimie Mariatie Jaya S Monong mengajak masyarakat khususnya ibu-ibu di daerah itu untuk memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayur.

Dengan menanam sayur di pekarangan milik sendiri, ibu-ibu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli sayur mayur, karena sudah tersedia di lingkungan sekitar, kata Mimie saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

“Jika kita memanfaatkan lahan atau pekarangan untuk menanam sayur, kita tidak perlu membeli di pasar atau menunggu datangnya penjual sayur dan kita dapat berhemat,” tambah dia.

Selain berhemat, jika hasil panen melimpah maka tidak menutup kemungkinan hasil panen tersebut dijual kepada masyarakat di lingkungan sekitar, sehingga menjadi sumber pemasukan baru bagi keluarga.

Baca juga: Pelantikan pejabat kecamatan di Gunung Mas harus segera dilakukan

Untuk menanam sayur, lanjut dia, tidak diperlukan lahan yang luas. Bagi ibu-ibu yang memiliki lahan pekarangan sempit juga bisa memanfaatkan lahan itu untuk bercocok tanam.

“Bagi ibu-ibu yang pekarangannya sempit tetap bisa bercocok tanam dengan menggunakan media tanam hidroponik. Jadi pekarangan sempit jangan sampai menjadi kendala bagi kita untuk bercocok tanam,” paparnya.

Dia mengatakan, terkait pemanfaatan lahan dan pekarangan, TP PKK memiliki program unggulan yakni Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman atau biasa disebut dengan Hatinya PKK.

Baca juga: Bupati Gumas: Rotasi dan mutasi mempertimbangkan kompetensi para pejabat yang dilantik

Secara umum, lanjut dia, program Hatinya PKK memiliki tujuan untuk menciptakan halaman rumah yang rindang dan tertata rapi, serta memiliki manfaat dalam memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

Sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Gumas, Mimie sudah mulai menerapkan program Hatinya PKK, dengan menanam sayur, bumbu, dan buah-buahan di pekarangan rumah, yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dia menyebut, beberapa jenis sayur, bumbu, dan buah-buahan yang ditaman di pekarangan rumahnya antara lain adalah pare, kacang panjang, singkong, cabai, tomat, pepaya, serai, waluh, dan terong.

“Khusus kader PKK, mulai tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa dan kelurahan, hendaknya menjadi contoh dalam penerapan program Hatinya PKK kepada ibu-ibu di lingkungan masing-masing,” demikian Mimie.

Baca juga: Pelajar Gumas diminta bantu orangtua saat Sensus Penduduk 2020

Baca juga: 11 desa di Gumas dapat tambahan alokasi kinerja pada 2020

Baca juga: Belasan orang telah kembalikan formulir pendaftaran PPK Pilkada Kalteng

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar