Gubernur Kalteng minta guru ajarkan pendidikan karakter

id Gubernur Kalteng minta guru ajarkan pendidikan karakter,Barito Timur,Bartim,Gubernur Kalteng,Sugianto Sabran

Gubernur Kalteng minta guru ajarkan pendidikan karakter

Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran menyapa para guru dan siswa SMA/SMK/MA saat kunjungan kerja di SMAN 1 Tamiang Layang di Tamiang Layang, Jumat (24/1/2020). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran meminta guru di Kabupaten Barito Timur untuk mengajarkan anak didik tentang pendidikan karakter karena dinilai sangat penting sebagai bekal untuk menjadi generasi penerus berkualitas.

"Karakter itu penting. Percuma kalau sehat, cerdas dan pintar jika tidak berkarakter," kata Sugianto saat kunjungan kerja ke SMAN 1 Tamiang Layang di Tamiang Layang, Jumat.

Menurutnya, karakter generasi muda perlu dibentuk untuk menciptakan kepribadian yang baik dan untuk bisa menjadi pemimpin akan datang, baik menjadi pejabat seperti presiden, menteri, gubernur, bupati maupun anggota dewan.

Salah satu contoh diajarkannya karakter yakni Pramuka yang mendidik dan menciptakan karakter untuk berani, jujur, gotong-royong dan loyalitas. Selain itu, perlunya tenggang rasa, toleransi dan bela negara merupakan sifat yang perlu dipupuk untuk dijadikan karakter anak bangsa kedepan.

"Pramuka itu mendidik karakter, bagaimana bela negara. Jadi, bapak ibu guru dan kepala sekolah se-Kabupaten Barito Timur saya harapkan memberikan pendidikan berkarakter kepada anak-anak generasi di Barito Timur," kata Sugianto.

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengatakan, dalam menciptakan generasi muda maka dibangun SMA unggulan yang pendidikannya ikatan kedinasan seperti IPDN, kedokteran, keperawatan dan lainnya. Dia berharap putra dan putri Barito Timur mendapatkan pendidikan yang terbaik.

"Tahun 2019, tidak ada anak dari Barito Timur yang lulus IPDN. Ini perlu diperbaiki bersama," kata orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Barito Timur itu.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur terus berupaya untuk menciptakan generasi muda yang sehat, cerdas, handal dan berkualitas. Hal ini sebagaimana visi misi Pemerintah Kabupaten Barito Timur.

"Hingga saat ini sudah ada 32 siswa yang didukung Pemerintah Kabupaten Barito Timur untuk kuliah kedokteran. Ini merupakan bukti kepedulian pemerintah dalam memajukan generasi muda," demikian Ampera.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar