Kinerja meningkat, Bupati Bartim raih SAKIP Award dari KemenPAN-RB

id kalimantan tengah,kalteng,bupati barito timur,barito timur,bartim,ampera ay mebas

Kinerja meningkat, Bupati Bartim raih SAKIP Award dari KemenPAN-RB

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menerima SAKIP Award 2019 dari Kementerian PAN-RB melalui Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RB Kunwas) Muhammad Yusuf Ateh, di Nusa Dua Bali pada Senin (27/1) hari ini. ANTARA/Ho-Pemkab Bartim.

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas membenarkan bahwa pihaknya menerima SAKIP Award 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, karena kinerja pengelolaan administrasi dan keuangan daerah mengalami peningkatan.

Pada tahun 2019 hasil evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) di kabupaten Bartim mengalami perbaikan dibandingkan tahun 2018, kata Ampera saat dihubungi dari Tamiang Layang, Senin.

"Setelah mendapat SAKIP Award 2019, ternyata predikat Pemkab Bartim dari C di tahun 2018 menjadi CC di tahun 2019," beber dia.

Dikatakan, salah satu indikator capaian yakni upaya Pemerintah Kabupaten Barito Timur dalam mengelola anggaran secara efektif dan eflsien. Yaitu melalui pola pemanfaatan anggaran serta monitoring hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala.

Ampera mengatakan bahwa dirinya sangat memperhatian betul penerapan SAKIP dalam berbagai kebijakan, termasuk memastikan anggaran hanya dipergunakan untuk membiayai program ataupun kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan daerah.

"Kami juga melaksanakan penghematan anggaran dengan menghapus sejumlah kegiatan tidak penting, sekaligus tidak mendukung kinerja organisasi perangkat daerah," tegas dia.

Baca juga: DPRD Barito Timur sepakat Pemprov Kalteng kelola jalan eks Pertamina

Penyerahan hasil evaluasi SAKIP kali ini diperuntukkan bagi 161 pemerintah kabupaten/kota wilayah II yang meliputi Bali, DKI Jakarta, Kalimantan, Jawa Timur, Lampung dan Nusa Tenggara.

Rata-rata nilai SAKIP kabupaten/kota dan provinsi mengalami peningkatan. Nilai rata-rata untuk pemerintah kabupaten/kota tahun 2018 sebesar 56,53 dan tahun 2019 meningkat  2,32 atau menjadi 58,85.

Buah manis dari capaian kinerja SAKIP Award 2019 ini berkat dukungan dan kerja keras seluruh kepala organisasi perangkat daerah beserta jajarannya.

"Untuk kedepannya, kita akan melakukan perbaikan-perbaikan dan pembenahan kembali disertai kerja keras agar bisa meningkat menjadi predikat B pada LHE SAKIP 2020," demikian Ampera.

Baca juga: Pabrik beras modern diharapkan tingkatkan kesejahteraan petani Barito Timur

Baca juga: Ini janji Gubernur Kalteng untuk pembangunan di Barito Timur