Pengembangan SDM jadi prioritas di Bartim, kata Bupati Ampera

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten barito timur,bartim,bupati bartim,ampera ay mebas

Pengembangan SDM jadi prioritas di Bartim, kata Bupati Ampera

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas (kelima kiri) menemani Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menyampaikan rencana pembangunan sekolah unggulan saat bertemu camat, lura, kades, ketua BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat di Rujab Bupati di Tamiang Layang, akhir pekan kemarin. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabuapten Barito Timur Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan anggaran dana pengembangan dan pembangunan sumber daya manusia, bahkan porsinya seimbang dengan program pembangunan di sektor lainnya.

Sebenarnya memberikan perhatikan serius terhadap pengembangan SDM sudah dilaksanakannya sejak awal menjabat sampai saat ini, kata Ampera di Tamiang Layang, Selasa.
 
"Salah satu yang dilakukan yakni mendukung pendidikan bagi warga tidak mampu. Selain itu, mendukung mencetak generasi muda berprofesi yang banyak dicari saat ini, yakni kedokteran," tambahnya.

Menurut orang nomor satu di kabupaten berjuluk jari janang kalalawah itu, pemkab sejak beberapa tahun terakhir ikut mencetak generasi profesi yang banyak dicari.

Ampera mengatakan hingga saat ini pemerintah kabupaten telah mendukung 32 pelajar lulusan sekolah untuk bisa melanjutkan pendidikan atau kuliah kedokteran melalui program beasiswa.

"Sudah ada dua yang lulus kedokteran. Tujuannya nanti bisa kembali ke daerah karena kita masih kekurangan tenaga dokter," kata dia.

Baca juga: Kinerja meningkat, Bupati Bartim raih SAKIP Award dari KemenPAN-RB

Ditambahkan Ampera, Pemerintah Kabupaten Barito Timur juga berencana memiliki sekolah unggulan. Saat ini, lahan untum pembangunan sekolah unggulan tersebut sudah tersedia, sedangkan pembangunannya melalui Pemprov Kalteng.

Sekolah unggulan dirancang untuk memberikan pendidikan seperti sekolah kedinasan seperti Institute Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), Akademi Militer dan Akademi Kepolisian. Hal ini dilihat dari antusias para anak-anak yang ingin menjadi ASN, TNI Polri dan lainnya.

Pengembangan SDM juga dilakukan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), salah satunya di bidang olahraga. Di mana telah banyak prestasi yang diraih berkat dukungan pelaksanaan program CSR.

"Pengembangan SDM sangat penting. Hal ini untuk menciptakan generasi muda yang handal dan berkualitas sehingga bias menjadi pemimpin di masa-masa akan datang," demikian Ampera.

Baca juga: DPRD Barito Timur sepakat Pemprov Kalteng kelola jalan eks Pertamina

Baca juga: Ini janji Gubernur Kalteng untuk pembangunan di Barito Timur