Pohon beringin berusia ratusan tahun di Kapuas tumbang

id pohon beringin tumbang,kuala kapuas,berusia ratusan tahun

Pohon beringin  berusia ratusan tahun di Kapuas tumbang

Petugas saat melakukan evakuasi pohon besar tumbang yang berada di Ujung Murung di kawasan Jalan Soegiman Kuala Kapuas, Rabu (29/1/2020). ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pohon besar  yang berada di Ujung Murung di kawasan Jalan Soegiman Kuala Kapuas Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah tumbang hingga menghalangi jalan dan merusak sejumlah fasilitas rumah dan kendaraan roda empat yang berada di kawasan tersebut 

"Kejadian pada Rabu (29/1) dini hari sekitar pukul 01.45 WIB, dan saat kejadian hari hujan gerimis dan tidak ada tanda-tanda mengeluarkan bunyi ataupun tumbangnya pohon besar ini," kata salah seorang  warga setempat, Muli di Kuala Kapuas, Rabu.

Pohon besar berjenis Beringin yang diperkirakan berusia ratusan tahun ini  tumbang merusak eks Kantor Polairud Kapuas dan rumah dinas PT PLN Kapuas, serta bangunan kios Adiguna yang berada dekat dengan pohon tersebut  pada Rabu (29/1) dini hari.

"Kurang lebih ada enam buah mobil yang berada di garasi rumah dinas PLN dan terpakir di area Kios Adiguna rusak akibat tumbangnya pohon itu," katanya.

Saat kejadian, kata dia, tidak ada bunyi maupun angin kencang. Pohon tiba-tiba langsung tumbang mengenai fasilitas yang ada termasuk tiang listri milik PLN dan Telkom ikut tertimpa.

"Memang sebelumnya pohon ini sudah ada tanda-tanda kemiringan mau tumbang. Dan Ketua RT, juga sudah ada memberitahukan kepada warga agar berhati-hati melalui jalan ini," kata dia.

Menurut dia, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa yang tertimpa pohon. Hanya saja fasilitas rumah dan kendaraan roda empat milik PLN dan warga setempat saja mengalami rusak berat.

Proses evakuasi tumbangnya pohon besar tersebut terus dilakukan oleh Dinas PUPRKP Kapuas, PLN dan sejumlah warga setempat, memotong sejumlah batang menggunakan gergaji mesin yang menghalangi jalan dan mengenai sejumlah rumah yang berada di sekitar.