Wujudkan SPBE, Pemkab Kapuas terapkan tanda tangan sistem digital

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten kapuas,kapuas,diskominfo kapuas,tanda tangan sistem digital

Wujudkan SPBE, Pemkab Kapuas terapkan tanda tangan sistem digital

Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas saat melakukan pembuatan tanda tangan digital dalam rangka mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dilaksanakan di Kantor Dinas Kominfo Kapuas, Kamis (30/1). ANTARA/ HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mulai menerapkan tanda tangan sistem digital bagi setiap organisasi perangkat daerah sebagai upaya mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Keberadaan sistem tanda tangan digital ini bukan hanya mempermudah kinerja karena dapat dilakukan di mana dan kapan saja, tapi juga sulit untuk dipalsukan, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Junaidi, melalui Kabag Persandian Yahya di Kuala Kapuas, Kamis.

"Kalau Dinas Kominfo Kapuas sendiri, saat ini sudah melakukan tahapan-tahapan dalam pengaplikasian tanda tangan digital itu. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada setiap perangkat daerah di Kabupaten Kapuas," beber dia.

Baca juga: Pohon beringin berusia ratusan tahun di Kapuas tumbang

Untuk Dinas Kesehatan Kapupaten Kapuas, lanjut dia, untuk sementara ini penerapannya tanda tangan digital langsung dilakukan di Kantor Diskominfo. 

"Adanya penerapan tanda tangan digital ini, diharapkan mampu meningkatkan kinerja setiap perangkat daerah setempat dalam memaksimalkan pelayanan publik dan juga meminimalisir adanya kecurangan pemalsuan tanda tangan," ucap Yahya.

Sementara itu, Kasi Pengawasan dan Evaluasi Penyelenggaraan Persandian Diskominfo Kapuas Indira Desi menambahkan, dalam pembuatan tanda tangan digital tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia.

"Dengan penerapan tanda tangan digital ini, banyak manfaat yang didapatkan, diantaranya menjamin keamanan dokumen, memudahkan dalam penanda tanganan, karena dapat dilakukan dimana saja serta dapat mengurangi penggunaan kertas sebab sudah berbasis digital," demikian Indira.

Baca juga: Periksa laporan keuangan, Bupati larang Kepala OPD Kapuas keluar daerah

Baca juga: Kapuas melaksanakan seleksi CPNS secara mandiri

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar