Legislator Gumas: Biasakan cuci tangan pakai sabun untuk cegah penyakit menular

id cuci tangan pakai sabun,penyebaran berbagai penyakit menular,Legislator Gunung Mas,Cici Susilawati ,Biasakan cuci tangan pakai sabun untuk cegah penya

Legislator Gumas: Biasakan cuci tangan pakai sabun untuk cegah penyakit menular

Legislator Gumas Cici Susilawati. ANTARA/HO – DPRD Kabupaten Gumas

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Gunung Mas, Kalimantan Tengah Cici Susilawati meminta kepada orangtua untuk menanamkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun antibakteri sejak dini kepada anak.

CTPS merupakan salah satu bentuk perilaku hidup bersih dan sehat yang bermanfaat untuk mencegah penyebaran berbagai penyakit menular, kata Cici saat dihubungi dari Kuala Kurun, Senin.

“Dengan melakukan CPTS, kita dapat mencegah penyebaran beberapa penyakit menular seperti diare, gangguan saluran pernafasan, bahkan mencegah penyebaran virus corona,” ucap politisi Partai Demokrat ini.

Baca juga: Legislator Gumas minta masyarakat jangan panik terkait virus corona

Dia menyebut, mencuci tangan yang benar harus dilakukan dengan sabun dan air bersih yang mengalir. Sebab, sabun dapat membunuh kuman sedangkan air bersih mengalir dapat meluruhkan kuman yang ada di tangan.

Disamping itu, CPTS juga harus dilakukan setiap kali tangan kotor, setelah menceboki bayi atau anak, setelah buang air besar dan buang air kecil, sebelum makan dan menyuapi anak, sebelum memegang makanan dan setelah makan.

“Kenapa harus menggunakan sabun? Karena jika tidak menggunakan sabun, kotoran dan kuman masih tertinggal di tangan,” papar perempuan kelahiran Kelurahan Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing ini.

Baca juga: Dinkes Gumas: Belum ada laporan terkait kasus pneumonia berat

Mengingat besarnya manfaat dari CPTS, dia berharap kebiasaan CPTS dapat ditanamkan kepada anak sejak dini. Kebiasaan CTPS hendaknya tidak hanya ditanamkan oleh orangtua, namun juga oleh guru di sekolah.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Gumas Nia Ernawati mengatakan, tindakan pencegahan dari gejala virus corona adalah dengan CTPS, serta menggunakan masker jika batuk atau pilek.

Kemudia, mengkonsumsi gizi seimbang dengan memperbanyak sayur dan buah, berhati-hati melakukan kontak dengan hewan, rajin olahraga dan istirahat yang cukup, dan tidak mengkonsumsi daging yang tidak dimasak.

“Jika menderita batuk, pilek dan sesak nafas, masyarakat saya imbau untuk segera ke fasilitas kesehatan terdekat seperti pusat kesehatan masyarakat atau ke rumah sakit,” demikian Nia.

Baca juga: Desa di Gumas diharapkan bersaing secara sehat untuk tambahan alokasi kinerja

Baca juga: Bupati Gumas: Jangan lupakan UU ITE saat beraktivitas di medos

Baca juga: Berbalas pantun warnai kenal pamit Kajari Gunung Mas