Masyarakat diminta waspada 'fenomena' kerajaan fiktif

id kerajaan fiktif,Asep Adisaputra,Masyarakat diminta waspada 'fenomena' kerajaan fiktif,Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adisaputra

Masyarakat diminta waspada 'fenomena' kerajaan fiktif

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adisaputra (kanan). (ANTARA/Anita Permata Dewi)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adisaputra mengimbau agar masyarakat mewaspadai munculnya orang-orang yang mengaku sebagai raja ataupun petinggi kerajaan tertentu.

Menurut dia, ada indikasi upaya penipuan terkait dengan fenomena munculnya kerajaan-kerajaan baru itu.

"Polri mengimbau masyarakat agar mewaspadai praktik penipuan ini. Fenomena ini rangkaian modus kejahatan. Bagi masyarakat, perlu waspada," kata Kombes Asep di Mabes Polri, Jakarta, Senin.
Petugas kepolisin menunjukan barang bukti kejahatan Kerajaan fiktif "King Of The King" saat diperlihatkan kepada media di Mapolres Metro Tangerang, Tangerang, Banten, Senin (3/2/2020). Selain menangkap petinggi kerajaan fiktif, polisi juga mengamankan tiga orang pengurus lainnya serta ratusan sertifikat palsu dari berbagai Bank dalam dan luar negeri yang diyakini mampu mencairkan uang hingga Rp.60 ribu triliun. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.

Ia mencontohkan dalam kasus Keraton Agung Sejagat, pelaku membebankan biaya pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menjadi anggota 'kerajaan'. Tercatat pelaku yakni Toto Santosa dan Fanni Aminadia, raja dan ratu di Keraton Agung Sejagat mensyaratkan masyarakat untuk menyetorkan Rp8,5 juta dengan iming-iming akan memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Begitupun dengan kasus King of the King. Pengurus King of the King menarik uang iuran anggotanya sebesar Rp50 ribu hingga Rp1,7 juta dengan dijanjikan akan diberikan dana miliaran rupiah.

Baca juga: Ketua King of The Kings mengaku miliki 2 juta triliun pound sterling hingga emas

Akhir-akhir ini publik dikejutkan dengan munculnya fenomena kerajaan di berbagai wilayah. Mulai dari Keraton Agung Sejagat di Purworejo Jawa Tengah. Kemudian Sunda Empire di Bandung dan Kerajaan Warteg Bahagia di Depok, Jawa Barat.

Terakhir, kerajaan fiktif King of the King atau Indonesia Mercusuar Dunia (IMD) di Tangerang Banten dan Kutai Timur.

Baca juga: Putri Kerajaan Arab Saudi jadi korban penipuan jual beli tanah di Bali

Baca juga: Penipu Putri Kerajaan Arab telah diamankan polisi