Kapuas terima bantuan kapal susur sungai

id Kapuas terima bantuan kapal susur sungai,Hibah,Kapal,Perhubungan

Kapuas terima bantuan kapal susur sungai

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas, Vitrianson. ANTARA/ HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, akan mendapatkan hibah bantuan berupa kapal susur sungai dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. 

"Kapal ini cuma ada sembilan di Indonesia, Kabupaten Kapuas menjadi salah satu wilayah yang mendapatkan kapal susur sungai.  Sesuai jadwal akan diterima pada bulan November tahun 2020 ini," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Vitrianson di Kuala Kapuas, Senin.

Dijelaskannya, penyediaan atau pengadaan Kapal Pelayaran Rakyat dari Kementerian Perhubungan RI tersebut sebagai perwujudan tanggung jawab pemerintah guna terjaminnya kemudahan aksesibilitas bagi masyarakat yang ingin menikmati wisata susur sungai di daerah setempat.  

"Diharapkan mampu menciptakan angkutan sungai yang aman, selamat dan terjangkau bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Kapuas," terang Vitrianson.

Dikatakannya, untuk fasilitas dari kapal tersebut sudah sangat memadai untuk digunakan sebagai kapal susur sungai karena fasilitas yang disediakan terbilang lengkap dengan panjang kapal sekitar 7,4 meter dan lebar 4 meter. 

Selain bisa disungai, katanya, kapal tersebut juga bisa dioperasikan di laut karena memiliki peralatan navigasi yang memadai.

"Kapal tersebut juga bisa digunakan untuk pelayanan medis karena mempunyai fasilitas yang lengkap," ujarnya.

Sementara terkait pengelolaan dan rute susur sungai, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) setempat, untuk memilih lokasi-lokasi maupun rute mana saja yang akan dilalui kapal susur sungai ini. 

Sebelumnya, Bupati Kapuas Ben Brahim S  Bahat bersama jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas telah melaksanakan rapat koordinasi dan pertemuan di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI di Jakarta terkait hibah kapal tersebut.