Wapres harap kerja sama Indonesia-Singapura dapat temukan vaksin corona

id Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Indonesia-Singapura,temukan vaksin corona,Wapres harap kerja sama Indonesia-Singapura dapat temukan vaksin corona

Wapres harap kerja sama Indonesia-Singapura dapat temukan vaksin corona

Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Kepala Sekretariat Wapres (Kasetwapres) Mohamad Oemar usai melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Singapura Halimah Yacob di Hotel Shangri-La Jakarta, Selasa (4/2/2020). (Fransiska Ninditya)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap kerja sama antara Indonesia dan Singapura di bidang kesehatan dapat menghasilkan inovasi berupa vaksin untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

"Yang penting kan sekarang belum ada vaksin yang bisa menangkal virus (corona) itu, mungkin kerja sama kita untuk bisa mencari, menemukan vaksin penangkalnya," kata Wapres Ma’ruf Amin usai melakukan kunjungan kehormatan dengan Presiden Singapura Halimah Yacob di Hotel Shangri-La Jakarta, Selasa.

Penyebaran virus corona, yang diduga berawal dari sebuah pasar tradisional di Kota Wuhan, China, menimbulkan kekhawatiran bagi sejumlah negara. Wapres Ma’ruf mengatakan virus tersebut kini sudah menjadi ancaman global, sehingga kerja sama antarnegara menjadi penting dilakukan untuk menanggulangi wabah tersebut.

"Itu sudah menjadi ancaman global dan juga dihadapi oleh Singapura. Oleh karena itu, Singapura juga sepakat bahwa kita bersama-sama menanggulangi virus corona ini supaya tidak menjadi ancaman global," ucapnya menjelaskan.

Salah satu bentuk kerja sama yang juga akan dilakukan Indonesia dan Singapura dalam menangani penyebaran virus corona ialah dengan melakukan pertukaran ahli tenaga medis dalam menangani pasien terpapar virus tersebut.

"Nanti kita akan tindaklanjuti bentuk-bentuk kerja samanya yang lebih detail seperti apa. Pasti tenaga (medis), kemudian juga hasil-hasil observasi yang dilakukan oleh Singapura, dan juga mungkin oleh kita (Indonesia)," ujar Wapres.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kehormatan atau courtesy call kepada Presiden Singapura Halimah Yacob di Hotel Shangri-La Jakarta, Selasa sore pukul 15.00 WIB. Pertemuan yang berlangsung kurang dari satu jam itu menyepakati rencana kerja sama kedua negara di tiga bidang, yakni kesehatan, pendidikan dan hubungan antarkepercayaan.
Baca juga: Presiden Singapura akan temui Sri Sultan di Yogya

Turut mendampingi Wapres Ma’ruf dalam pertemuan tersebut antara lain Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, Duta Besar Indonesia untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya, Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Desra Percaya dan Staf Khusus Wapres bidang Komunikasi Masduki Baidlowi.

Sebelumnya, Presiden Halimah melakukan kunjungan kenegaraan ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Halimah Yacob merupakan perempuan pertama yang menjabat sebagai Presiden Singapura, setelah kemenangan secara walkover pada Pemilu Presiden 2017.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar