Harga bawang putih melonjak, Kalteng dorong Kemendag lakukan impor

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, bawang putih, impor, melonjak, kemendag, kementerian perdagangan, kementan, kementerian pertanian, import

Harga bawang putih melonjak, Kalteng dorong Kemendag lakukan impor

Pekerja menimbang bawang putih impor dari China di gudang bawang di Malang, Jawa Timur, Selasa (4/2/2020). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nz (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)

Palangka Raya (ANTARA) - Berdasarkan pantauan terakhir dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Provinsi Kalimantan Tengah, harga bawang putih di pasar melonjak hingga mencapai Rp60 ribu per kilogramnya.

"Kami akui bahwa per kemarin saja harga bawang putih sudah mencapai Rp60 ribu per kilogramnya, naik tajam dibandingkan bulan lalu sekitar Rp30 ribu lebih," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disdagperin Kalteng Jenta di Palangka Raya, Selasa.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan mendapatkan penjelasan bahwa kondisi itu tak hanya terjadi di Kalteng, namun secara nasional. Untuk itu kedepan, pihaknya mendorong agar Kemendag kembali melakukan impor bawang putih.

Dalam hal ini Kemendag telah melakukan pertemuan bersama para importir, hingga didapatkan informasi bahwa stok bawang putih mencukupi dan siap melakukan impor. Hanya saja Kemendag meminta pihaknya maupun Disdagperin di provinsi lain untuk melakukan peninjauan ke lapangan.

"Kami diminta berkoordinasi dengan para pedagang besar di daerah maupun distributor dari bawang putih, untuk mendapatkan informasi yang valid mengenai kondisi terkini," jelasnya.

Jenta menyebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan pedagang besar salah satunya di Palangka Raya, adapun informasi yang pihaknya dapatkan penyaluran bawang putih memang berkurang jika dibandingkan bulan lalu.

Selain itu pihaknya juga telah berkoordinasi dengan distributor yang berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang menyebutkan pengiriman bawang putih dari Surabaya, Jawa Timur mulai mengalami pengurangan atau terbatas.

"Bahkan informasinya dari Surabaya sana, harga bawang putih sudah mencapai hingga Rp45 ribu per kilogramnya," terang Jenta di sela kegiatan kerjanya.

Berbagai informasi yang pihaknya himpun tersebut, akan segera disampaikan kepada Kemendag sebagai bahan koordinasi lanjutan bersama Kementerian Pertanian. Agar pada akhirnya mendapatkan rekomendasi untuk kembali melakukan impor.

Jenta memaparkan, hal itu harus dilakukan, sebab bagaimana pun pendapat banyak pihak di lapangan tentang kondisi bawang putih terkini, apabila kementerian menilai belum perlu dilakukan impor, tentu hal tersebut tidak akan dilakukan.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar