Pemkot Palangka Raya diminta gencarkan sosialisasi operasional perpustakaan digital

id mukarramah,perpustakaan digital,Pemkot Palangka Raya ,Legislator Kota Palangka Raya

Pemkot Palangka Raya diminta gencarkan sosialisasi operasional perpustakaan digital

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Mukarramah. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya Mukarramah meminta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pemkot setempat menggencarkan sosialisasi operasional perpustakaan digital guna memperkuat budaya baca masyarakat di daerah itu.

"Kami sangat mendukung program tersebut. Karena sudah beroperasi maka tinggal meningkatkan sosialisasi agar semakin dikenal dan dimanfaatkan secara luas," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya itu, mengatakan sosialisasi dapat dilakukan seperti dengan turun langsung ke sekolah-sekolah, universitas, komunitas, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, serta melalui jaringan media sosial.

Baca juga: Dinas Perpustakaan Palangka Raya siapkan ruangan khusus ramah anak

Menurut dia, mulai dioperasionalkan perpustakaan digital oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan "Kota Cantik" itu, dapat meningkatkan budaya baca serta literasi, terutama di kalangan anak sekolah dan mahasiswa.

"Namun yang tidak kalah penting ialah kesiapan sumber daya manusia pengelola program. Bila diperlukan pengelola perpustakaan digital diberi pelatihan khusus agar pengelolaan program tersebut semakin maksimal," kata Anggota DPRD Kota Palangka Raya dari Fraksi Nasdem itu.

Ia juga mendorong Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkot Palangka Raya dapat jemput bola dan bersinergi dengan pemerintah pusat, salah satunya Perpustakaan Nasional, sebagai upaya meningkatkan budaya baca dan literasi di kalangan generasi muda.

Baca juga: Pemkot programkan sekolah berkunjung guna tingkatkan budaya baca

Perpustakaan digital, kata dia, salah satu program peningkatan layanan dan upaya peningkatan budaya baca dan literasi masyarakat.

Ia mengharapkan melalui perpustakaan digital, masyarakat yang memiliki rutinitas kegiatan tinggi tetap mudah mencari referensi berupa bahan bacaan yang sudah didigitalisasi

Perpustakaan digital juga sebagai upaya mewujudkan Kota Palangka Raya sebagai kota "smart environment, smart society dan smart economy" melalui peningkatan budaya baca dan literasi.

Perpustakaan digital tersebut setidaknya 6.000 judul buku yang siap menemani aktivitas masyarakat di berbagai daerah.

Perpustakaan digital itu dapat diakses masyarakat dari berbagai daerah dengan menggunduh aplikasi di Google Play Store dengan nama aplikasi "ePusda Kota Palangkaraya".

Baca juga: Tingkatkan budaya baca, Palangka Raya programkan perpustakaan digital

Baca juga: Pemprov Kalteng akan laksanakan survei minat baca tahun 2020

Baca juga: Perpustakaan digital terbukti mampu tingkatkan minat baca di Kalteng

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar