Kotak amal berizin akan ditandai dengan stiker

id Kotak amal,Kotak amal berizin,Kotak amal berizin akan ditandai dengan stiker

Kotak amal berizin akan ditandai dengan stiker

Salah satu kotak amal yang tersedia di swalan di Pulau Singkep (Nurjali) (Nurjali)

Banjarmasin (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Banjarmasin akan memasang stiker untuk menandai kotak amal berizin yang ditempatkan di ruang publik, termasuk toko dan rumah makan.

"Untuk ke depan kami beri stiker, kalau tidak ada berarti bisa dikatakan ilegal," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kota Banjarmasin Dr Ibnu Sabil di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu.

Ia mengatakan bahwa kebijakan itu diterapkan agar warga mengetahui legalitas kotak amal yang ditaruh di tempat umum.

Yayasan, lembaga amal, atau tempat ibadah yang akan menaruh kotak amal di tempat umum, ia menjelaskan, harus menyampaikan pemberitahuan dan mengajukan permohonan izin ke Dinas Sosial.

Baca juga: Nekat curi uang kotak amal masjid, seorang pria di Palangka Raya ditangkap Polisi

"Harus memberitahukan dengan jelas berapa kota amal yang mau disebar, titiknya di mana saja, sesuai jumlah itu kita beri stiker," kata Ibnu Sabil.

Ia menjelaskan bahwa masa penggalangan dana akan dicantumkan pada stiker kotak amal berizin dan setelah kegiatan penggalangan dana berakhir lembaga yang bersangkutan mesti menyampaikan laporan penggunaan bantuan dana sebelum mengajukan perpanjangan izin.

"Laporan penggunaan dana itu juga harus jelas, jangan sampai ada kecurigaan tidak sesuai peruntukan, ini akan diteliti betul," katanya.

"Semua kan sekarang harus jelas, jangan sampai kita curiga mencurigai, jika memang ada yang bermain tidak baik, pasti ada tindakan hukumnya," demikian Ibnu Sabil.

Baca juga: Pencuri uang kotak amal ini tidak sadar aksinya terekam kamera

Baca juga: Demi ongkos pulang kampung, pria ini nekat curi kotak amal

Baca juga: Spesialis pencuri kotak amal diduga masih berkeliaran di Palangka Raya

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar