Jokowi akan bangun terowongan bawah tanah dari Istiqlal ke Katedral

id terowongan bawah tanah,terowongan silaturahmi.,Jokowi akan bangun terowongan bawah tanah dari Istiqlal ke Katedral,jokowi,presiden joko widodo

Jokowi akan bangun terowongan bawah tanah dari Istiqlal ke Katedral

Presiden Joko Widodo saat meninjau proses renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Jumat (7/2/2020). ANTARA/Indra Arief/am.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo akan membangun terowongan bawah tanah dari Masjid Istiqlal ke Gereja Katedral, Jakarta Pusat, untuk mempermudah silaturahim antarumat beragama.

"Ini menjadi sebuah terowongan silaturahmi. Jadi tidak kelihatan berseberangan, tapi silaturahmi," kata Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau proses renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Jumat pagi.

Baca juga: Jokowi ancam jika ada terjadi karhutla, pejabat TNI/Polri akan dicopot

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan itu adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Fachrul Razi dan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

"Tadi ada usulan dibuat terowongan dari Masjid Istiqlal ke Katedral. Tadi sudah saya setujui sekalian, sehingga ini menjadi sebuah terowongan silaturahmi. Terowongan bawah tanah. Sehingga tidak menyeberang," tambah Jokowi.

Terkait proses renovasi Masjid Istiqlal yang dimulai sejak Mei 2019, Jokowi mengharapkan seluruh proses renovasi dapat selesai sebelum Ramadhan 2020 agar Masjid terbesar di Asia Tenggara, dengan desain dan konstruksi yang baru, dapat dimanfaatkan umat muslim untuk shalat tarawih berjamaah.

Baca juga: Hadiri HPN, Presiden Jokowi tanam pohon dan resmikan hutan pers

Total anggaran yang disiapkan pemerintah untuk merenovasi Masjid Istiqlal adalah Rp475 miliar. Pemerintah, melalui Kementerian PUPR merenovasi bagian-bagian Istiqlal seperti desain eksterior, interior, lahan parkir, kondisi lantai, termasuk perbaikan kondisi sungai yang melintasi kawasan Istiqlal.

Selain itu, kata Jokowi, fasilitas di dalam masjid juga diperbaiki seperti peningkatan kualitas tata suara, cahaya, dan udara. Hal itu diharapkan dapat memberikan kenyamanan saat beribadah.

"Anggaran itu dipakai untuk memperbaiki, memoles lantai, mengganti karpet, pencahayaan, tata suara, semuanya. Menambah basement yang di depan, parkirnya ditambah. Juga pembangunan 'landscape' di luar, bukan hanya interior, eskterior semuanya dibangun," ujar Jokowi.

Baca juga: Sidang kasus pengancam pemenggal kepala Presiden Jokowi ditunda

Baca juga: Pembangunan Jembatan Mentaya diharapkan dibantu pusat dan luar negeri

Baca juga: The Indonesian Institute apresiasi langkah cepat Jokowi evakuasi WNI di Wuhan