MU ajukan keluhan cara The Sun beritakan insiden serangan ke rumah Ed Woodward

id Ed Woodward, The Sun,insiden serangan ke rumah Ed Woodward,Manchester United,MU

MU ajukan keluhan cara The Sun beritakan insiden serangan ke rumah Ed Woodward

FILE PHOTO: Soccer Football - Saint-Etienne v Manchester United - UEFA Europa League Round of 32 Second Leg - Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, France - 22/2/17 Manchester United executive vice-chairman Ed Woodward in the stands Action Images via Reuters / Andrew Boyers Livepic/File Photo (REUTERS/Reuters Staff)

REUTERS (ANTARA) - Manchester United mengajukan keluhan resmi kepada surat kabar Inggris The Sun, dengan menyatakan bahwa koran itu mendapatkan pemberitahuan bakal ada serangan ke rumah kepala eksekutif mereka Ed Woodward bulan lalu.

Sebuah video yang diposting di media sosial menunjukkan sekelompok orang berkumpul di luar rumah Woodward di Cheshire pada 28 Januari dengan meneriakkan nama dia dan melemparkan suar merah ke gerbang rumah. Woodward (48) dan keluarganya sedang tidak berada di rumah mereka saat serangan terjadi.

United mengajukan keluhan resmi kepada dewan persnya Inggris, Organisasi Standard Pers Independen (IPSO) mengenai cara The Sun melakukan liputan.
Sheets hide damage to the front gates of the home of Manchester United executive vice-chairman Ed Woodward after it was vandalised overnight in Lower Peover, Britain January 29 2020. REUTERS/Phil Noble (REUTERS/PHIL NOBLE)

"Klub yakin bahwa surat kabar The Sun sudah menerima pemberitahuan terlebih dahulu mengenai rencana serangan itu yang termasuk tindakan kejahatan dan diniatkan untuk intimidasi, dan bahwa wartawan sudah ada saat kejadian berlangsung. Kualitas foto yang menyertai berita itu menandakan fotografer sudah ada di situ," tulis MU seperti dikutip Reuters.

MU menuduh kehadiran wartawan The Sun sejak peristiwa itu berlangsung telah menyalahi kode etik jurnalistik yang ditetapkan IPSO.

Di samping mengutuk peristiwa di rumah Woodward itu, The Sun melalui juru bicaranya berkilah, " The Sun, seperti semua surat kabar, dengan keras mempertahankan haknya untuk memberitakan."