Bangunan SDN 3 Sei Pasah Kapuas Hilir memprihatinkan

id Bangunan SDN 3 Sei Pasah Kapuas Hilir memprihatinkan,Sekolah rusak,Kapuas

Bangunan SDN 3 Sei Pasah Kapuas Hilir memprihatinkan

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Sei Pasah Kecamatan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan, Selasa (11/2/2020). ANATARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Sei Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan, lantaran mengalami kerusakan cukup parah.

“Kami sudah mengusulkan kepada Dinas Pendidikan untuk dilakukan rehabilitasi bangunan sekolah ini, namun mungkin karena jumlah siswanya hanya 35 orang, sehingga masih menjadi pertimbangan Dinas Pendidikan untuk melakukan rehabilitasi,” kata Kepala Sekolah SDN 3 Sei Pasah, Effendy di Kuala Kapuas, Selasa.

Menurut Effendy, kerusakan sebagian bangunan sekolah  ini terjadi di ruangan kantor guru, sehingga terpaksa harus dipindahkan ke ruang belajar siswa karena ruangan kantor yang ada sudah tidak dapat lagi digunakan.

Selain itu, lanjutnya, kerusakan lainnya juga terjadi pada bagian atap dan flapon bangunan sekolah yang telah berusia puluhan tahun ini. Sebagian bangunan sekolah ini, terlihat miring lantaran mengalami kerusakan cukup berat.

“Kita tetap berharap Pemkab Kapuas melalui Dinas Pendidikan setempat dapat segera memperbaiki bangunan sekolah SDN 3 Sei Pasah yang mengalami kerusakan, karena sangat rawan kecelakaan,” harap Effendy.

Effendy juga berharap halaman sekolah tersebut dapat ditimbun agar lebih baik. Untuk peningkatan kualitas belajar dan mengajar, pihaknya berharap ada penambahan dua orang tenaga guru, karena jumlah guru di sekolahnya saat ini masih kurang.

Sementara terkait hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat mengatakan, pihaknya sudah melakukan peninjauan ke SDN 3 Sei Pasah. Untuk penanganannya, ada beberapa langkah yang akan dilakukan oleh pihaknya.

"Memang untuk tahun ini, sekolah SDN 3 Sei Pasah tidak masuk dalam penanganan rehabilitasi. Namun ada beberapa langkah yang akan kita lakukan untuk penanganan setelah kita meninjau langsung kondisi sekolah tersebut,” kata Suwarno.

 
Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Sei Pasah Kecamatan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan, Selasa (11/2/2020). ANATARA/ All Ikhwan

Pihaknya juga berupaya pada perubahan anggaran 2020 nantinya, untuk mengusulkan kembali anggaran tersebut. Dia berharap perbaikan bangunan SDN 3 Sei Pasah bisa dilaksanakan sesuai kebutuhan sekolah.

“Kita harapkan untuk dapat bersabar, dan kami akan berupaya pada perubahan anggaran 2020 nanti akan dimasukkan perbaikan bangunan sekolah itu,” ucap mantan Kadis Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas ini.

Suwarno mengakui bangunan sekolah tersebut cukup memprihatinkan. Perlu dilakukan penangan dengan segera, setelah pihaknya melakukan peninjauan langsung ke sekolah tersebut beberapa waktu lalu.

“Untuk saat ini dengan kondisi yang ada, proses belajar mengajar di sekolah itu tidak terganggu dan masih berjalan seperti biasanya. Hanya saja, ruang guru yang mengalami rusak berat yang tidak bisa digunakan,” demikian Suwarno Muriyat.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar