Ketua DPRD Seruyan minta teknis penyaluran santunan duka harus benar

id kalimantan tengah,kalteng,dprd seruyan,dprd kabupaten seruyan,ketua dprd seruyan,Kuala Pembuang, Seruyan,Zuli Eko Prasetyo

Ketua DPRD Seruyan minta teknis penyaluran santunan duka harus benar

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Seruyan, Kalimantan Tengah, Zuli Eko Prasetyo mengingatkan pemerintah kabupaten setempat, agar teknis penyaluran santunan duka cita kepada masyarakat yang kurang mampu harus diatur dengan benar.

"Penyaluran secara benar itu sebagai upaya mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari, sekaligus benar-benar bermanfaat bagi masyarakat penerimanya," kata Zuli Eko di Kuala Pembuang, Kamis.

Menurutnya, orang meninggal itu tidak ada kabar tidak ada yang tau kapan dia meninggal. Jadi bantuan yang akan diberikan itu harus siap, makanya nanti bagaimana anggarannya itu dipersiapkan benar-benar.

"Apabila ada orang meninggal bisa langsung diberikan untuk masyarakat yang kurang mampu," ungkapnya.

Politisi  Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menjelaskan untuk bantuan duka cita ini tidak hanya agama Islam saja tapi untuk semua agama yang ada di kabupaten yang berjulukan Bumi Gawi Hantantiring Ini.

"Di tempat kita kan tidak hanya satu agama saja. Ketika ada yang meninggal nanti harus di atur dan sesuaikan," kata Eko.

Baca juga: Bentuk karakter anak usia dini melalui olahraga dan seni

Dia menyarankan Untuk teknisnya, bisa berupa barang sehingga mudah untuk disiapkan kalau ada masyarakat yang kurang mampu meninggal dunia. Misal, pembuatan peti dan lain sebagainya, kalaupun santunan duka cita itu berbentuk uang tunai maka harus disiapkan dengan matang,” ucapnya.

Eko menambahkan, dirinya sangat mendukung program ini karena selain bentuk perhatian pemerintah daerah untuk warganya yang mengalami musibah dan juga kepedulian kepada masyarakat yang kurang mampu. 

Ia berharap semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan tentunya bisa membantu ahli waris dan keluarga yang ditinggalkan. 

"Saya harap apa bila bantuan itu berupa uang, agar bisa digunakan dengan sebaiknya. Supaya bisa dirasakan manfaatnya," demikian Eko.

Baca juga: Pelayanan terpadu isbat nikah bantu warga Seruyan

Baca juga: Pemkab Seruyan sosialisasikan perbup santunan duka cita Rp2,5juta

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar