Bidang infrastruktur mendominasi usulan masyarakat Kapuas Hilir

id Bidang infrastruktur mendominasi usulan masyarakat Kapuas Hilir,Kapuas,Pembangunan

Bidang infrastruktur mendominasi usulan masyarakat Kapuas Hilir

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setda Kabupaten Kapuas, Krin Prihatin berfoto bersama saat menghadiri Musrenbang Kantor Kecamatan Kapuas Hilir, Kamis (13/2/2020). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas   (ANTARA) - Perbaikan dan peningkatan infrastruktur masih menjadi bidang paling banyak diusulkan masyarakat Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, termasuk saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kapuas Hilir, Kamis (13/2).

"Dalam Musrenbang ada sebanyak 41 usulan masyarakat di wilayah Kecamatan Kapuas Hilir yang terdiri dari bidang infrastruktur, bidang sosial budaya, kesehatan, pendidikan, budaya dan lingkungan," kata Pelaksana Tugas Camat Kapuas Hilir Eko Darma Putra di Kuala Kapuas, Jumat.

Saat Musrenbang, sebanyak 41 usulan yang disampaikan masyarakat yaitu bidang infrastruktur sebanyak 25 usulan, bidang sosial budaya yang meliputi kesehatan sebanyak satu buah usulan, pendidikan sebanyak 11 buah usulan, budaya sebanyak dua buah usulan serta lingkungan hidup sebanyak dua buah usulan.

Semua usulan ditampung dan didiskusikan untuk mendapatkan keputusan tentang usulan mana saja yang akan menjadi prioritas di Kecamatan Kapuas Hilir, yang nantinya akan dibawa ke Musrenbang tingkat kabupaten, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kapuas Tahun 2021 mendatang.

"Kita harapkan semua usulan masyarakat yang ada di Kecamatan Kapuas Hilir dapat direalisasikan sesuai harapan masyarakat," harapnya.

Musrenbang tersebut dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Setda Kabupaten Kapuas Krin Prihatin yang mewakili Bupati Kapuas. Selain itu dihadiri anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas IV.

Krin mengatakan, Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas, yang mana tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan kabupaten. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari tahapan proses penyusunan RKPD kabupaten yang melibatkan masyarakat dengan pendekatan perencanaan dari atas kebawah serta dari bawah ke atas dalam hirarki pemerintahan.

"Terwujudnya harmonisasi dan sinergitas program pembangunan antar jenjang pemerintahan, masyarakat, swasta dan dunia usaha menjadi tujuan utama dalam pelaksanaan Musrenbang kecamatan ini. Semuanya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas, sebagaimana penjabaran dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas yang telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2019," kata Krin Prihatin.

Krin Prihatin juga mengingatkan pentingnya harmonisasi dan sinegritas program pembangunan antar jenjang pemerintahan, masyarakat, swasta dan dunia usaha sangat dibutuhkan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Semua memerlukan pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan ekonomi daerah melalui penunjang utama, yaitu dengan melakukan percepatan pembangunan dan pengembangan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, air bersih, sanitasi, listrik, telekomunikasi, pelabuhan dan lain-lain," demikian Krin Prihatin.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar