Ketua Kwarcab Gumas sebut Pramuka wadah bentuk perilaku positif

id Pramuka,Ketua Kwarcab Gumas ,Ketua Kwarcab Gumas sebut Pramuka wadah bentuk perilaku positif

Ketua Kwarcab Gumas sebut Pramuka wadah bentuk perilaku positif

Ketua Mabigus SMA Negeri 1 Sepang Suyono (kiri) menyerahkan cinderamata kepada Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gumas Mimie Mariatie Jaya S Monong, saat pembukaan perjusami di SMA Negeri 1 Sepang, baru-baru ini. (ANTARA/HO – SMA Negeri 1 Sepang)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Mimie Mariatie Jaya S Monong mengatakan pramuka harus menjadi wadah pembentuk perilaku positif kaum muda.

Agar kaum muda tertarik dan aktif mengikuti kepramukaan, maka penyelenggaraan kegiatan hendaknya dikemas secara menarik, menantang, edukatif, dan rekreatif, kata Mimie saat dihubungi dari Kuala Kurun, Jumat.

“Dengan aktif mengikuti kegiatan kepramukaan, kaum muda dapat terhindar dari berbagai masalah sosial seperti kenakalan remaja, penggunaan obat terlarang, pergaulan bebas serta perkelahian remaja,” ucap dia.

Baca juga: Pramuka efektif bantu antisipasi dampak negatif perkembangan zaman

Tak hanya terhindar dari berbagai masalah sosial, kaum muda yang aktif mengikuti kegiatan kepramukaan diharap dapat turut mencegah terjadinya berbagai masalah sosial tadi, mulai dari lingkungan sekitar masing-masing.

Secara khusus, dia berharap kegiatan perjusami yang diselenggarakan ini dapat membulatkan tekad seluruh pihak untuk lebih memacu perkembangan Gerakan Pramuka di Indonesia, terutama di Kabupaten Gumas.

“Gerakan Pramuka merupakan wadah pembinaan kaum muda di tanah air, terutama dalam pembentukan karakter kaum muda lewat kegiatan pramuka penegak, seperti Perjusami ini salah satunya,” beber dia.

Kegiatan kepramukaan bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kewajiban baik terhadap Tuhan YME, negara, sesama, serta terhadap diri sendiri, seperti tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma.

Baca juga: Jadi Ketua, Istri Bupati Gumas siap majukan Kwarcab Pramuka setempat

Melalui kegiaan kepramukaan, sambung dia, diharapkan dapat membentuk kaum muda dengan watak, kepribadian, dan budi pekerti yang andal, sebagai kader penerus bangsa pada masa yang akan datang.

Baru-baru ini Gugus Depan 021-022 Patimura yang berpangkalan pada SMA Negeri 1 Sepang mengadakan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami), yang diikuti oleh berbagai sekolah di wilayah setempat.

Dia berharap kegiatan tersebut dapat mempererat tali silaturahmi antar anggota pramuka di wilayah itu, menambah berbagai ilmu pengetahuan serta melatih anggota pramuka di bidang kepramukaan.

Terpisah, Ketua Majelis Pembimbing Gugus SMA Negeri 1 Sepang Suyono mengatakan saat itu perjusami diikuti oleh SMA Negeri 1 Mihing Raya, SMK Negeri 1 Mihing Raya, SMA Negeri 1 Kurun, SMK Negeri 1 Kurun, dan lainnya.

“Ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan perjusami di SMA Negeri 1 Sepang. Semua berjalan dengan baik, aman dan lancar dari pembukaan hingga penutupan,” jelas Suyono yang juga Kepala SMA Negeri 1 Sepang.

Baca juga: Seruyan diharapkan miliki bumi perkemahan

Baca juga: Pentingnya Pramuka bagi generasi penerus bangsa, kata Wabup Bartim

Baca juga: Libatkan Pramuka dalam pengentasan stunting di Kalteng

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar