DPRD Seruyan ajak masyarakat berpartisipasi awasi pelaksanaan program pemerintah

id Dprd seruyan, seruyan, kuala pembuang, dprd seruyan, harsandi

DPRD Seruyan ajak masyarakat berpartisipasi awasi pelaksanaan program pemerintah

Anggota DPRD Seruyan Harsandi (tiga dari kanan) saat melaksanakan reses di Desa Jahitan, Seruyan Hilir, beberapa waktu lalu. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Harsandi mengajak masyarakat untuk berperan aktif mengawasi pelaksanaan program maupun pengerjaan proyek yang dilakukan pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.

“Partisipasi masyarakat sangat diperlukan, sehingga kesalahan atau tidak optimalnya pelaksanaan suatu program maupun pada proyek bisa dihindari,” katanya di Kuala Pembuang, Senin.

Menurutnya, sebagai masyarakat yang peduli dengan daerah, sudah seharusnya ikut serta mengawasi serta memberikan masukan kepada pemda jika terdapat kekurangan maupun sesuatu yang dinilai salah.

Dengan begitu hal yang tidak diinginkan dapat dicegah serta membantu pemerintah, memberikan pemikiran-pemikiran positif yang mampu membawa kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring itu kearah yang lebih baik lagi.

“Sudah seharusnya masyarakat berpartisipasi mengawasi pelaksanaan pembangunan, karena kegiatan tersebut bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat sendiri,” ungkapnya.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu juga mengatakan, masyarakat harus turut dilibatkan sebagai fungsi dari kontrol sosial, sebab tugas pengawasan pekerjaan pemerintah tidak hanya dilakukan wakil rakyat yang jumlahnya terbatas.

“Kalau pengerjaan pembangunan yang dilakukan berjalan baik dan sesuai dengan aturan yang ada, tentu akan menghasilkan yang baik pula. Untuk itulah peran masyarakat dalam pengawasan pembangunan sangat diperlukan,” jelasnya.

Ia menambahkan, berbagai proyek pembangunan yang dilakukan pemerintah saat ini sudah cukup bagus, namun masih ada pengerjaan yang dikeluhkan masyarakat. Hal itu sering disampaikan kepada pihaknya, saat melaksanakan reses atau kunjungan kerja ke daerah.

Harsandi menegaskan, tujuan pengawasan bukan untuk mencari kesalahan dari pemerintah, tetapi memberikan masukan agar pemerintah dapat menjalakan tugasnya secara optimal serta sesuai aturan yang berlaku.

"Bersama-sama kita membangun Seruyan dan mendukung setiap program, maupun kegiatan yang dilaksanakan pemerintah guna memberikan manfaat yang optimal terhadap daerah serta masyarakat," tuturnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar