Ini alasan Sugianto jadikan pelajar jabat Gubernur Kalteng 10 menit

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, gubernur kalteng, sugianto sabran, kobar, kotawaringin barat, pangkalan bun, siswa jadi gubernur, siswa

Ini alasan Sugianto jadikan pelajar jabat Gubernur Kalteng 10 menit

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan para siswa SMA sederajat di Pangkalan Bun, Senin, (17/2/2020). (ANTARA/Hendri Gunawan)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyatakan bahwa dirinya dalam setiap pertemuan dengan generasi milenial, khususnya pelajar tingkat menengah atas sederajat, selalu berupaya untuk melatih bagaimana menjadi seorang pemimpin serta memiliki mental maupun keberanian berbicara di depan orang banyak.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merealisasikan hal itu dengan menyuruh mereka menjadi seorang gubernur, kata Sugianto usai mengadakan pertemuan dengan ratusan pelajar SMA sederajat di Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau serta Sukamara di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun, Senin.

"Cara itu juga untuk menggali informasi sekaligus belajar dari mereka tentang permasalahan didalam dunia pendidikan saat ini. mereka kan yang merasakan dan mengalami langsung keadaan di sekolahnya, bagaimana perlakuan dan cara para guru ketika mendidik mereka," ucapnya.

Salah satunya melalui pidato mereka, kita dapati permasalahan terkait kedisiplinan, Bagaimana sekolah menuntut mereka untuk disiplin sementara para gurunya banyak yang datang terlambat ke sekolah. 

Kemudian beberapa permasalahan lainya, semua informasi tersebut menjadi bahan evaluasi serta rujukan untuk dibicarakan bersama kepala dinas pendidikan, para kepala sekolah serta dinas-dinas terkait.

"Jadi kesempatan berpidato sebagai gubernur dalam sepuluh menit tadi itu sangat penting, ada informasi dan aspirasi yang kami dapatkan," ucap Sugianto.

Baca juga: Pelajar jadi Gubernur Kalteng 10 menit, ini perintahnya ke guru

Sebagai informasi, kesempatan tersebut diberikan Sugianto ketika menggelar pertemuan dengan siswa-siswi kelas XI - XII SMA, SMK dan MA sekaligus para kepala sekolah dari tiga kabupaten yaitu Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara yang digelar di Pangkalan Bun.

Dalam kesempatan tersebut, Sugianto juga menyerahkan bantuan peralatan UNBK kepada SMA, SMK dan MA sebanyak 449 unit yang dibagikan untuk sekolah- sekolah yang ada di Kotawaringin Barat, Sukmara dan Lamandau.