Basarnas-Korem 102/Pjg bersinergi cegah dan tangani bencana di Kalteng

id kalimantan tengah,kalteng,basarnas palangka raya,korem 102 panju panjung,kepala basarnas palangka raya,M Hariyadi

Basarnas-Korem 102/Pjg bersinergi cegah dan tangani bencana di Kalteng

Kepala Kantor Basarnas Palangka Raya M Hariyadi (kanan) bersilaturahmi dengan Komandan Korem 102 Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal melakukan salam komando di ruang kerjanya, Senin (17/2/2020). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palangka Raya, Kalimantan Tengah, bersama Komando Resor Militer 102 Panju Panjung, siap bersinergi mencegah sekaligus menangani masalah bencana yang terjadi di wilayah setempat.

Kepala Kantor Basarnas Palangka Raya M Hariyadi, Selasa, mengatakan pada tanggal 17 Februari 2020 pihaknya berkoordinasi dengan Komandan Korem 102/Pjg Kolonel Arm Saiful Rizal yang bertujuan menjalin sinergritas menangani musibah bencana alam yang membahayakan manusia.

"Pada intinya Basarnas Palangka Raya ingin berkolaborasi dengan Korem 102/Pjg dalam penanganan bencana yang dapat menganggu manusia, tentunya di wilayah kerja kami," kata Hariyadi.

Dia mengakui sinergisitas terhadap berbagai pihak sangat diperlukan karena sarana dan prasarana Basarnas Palangka Raya sangat terbatas. Jumlah personil pun hanya berkisar 22 orang, sehingga memerlukan dukungan apabila terjadi bencana alam serta musibah yang menimpa warga di daerah setempat.

"Dengan keterbatasan yang ada, kami tetap siap dalam memberikan bantuan untuk masyarakat yang terkena bencana alam serta lain sebagainya," bebernya.

Sementara itu, Komandan Korem 102 Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal menegaskan, pihaknya sangat antusias menyambut kedatangan Kantor Basarnas Palangka Raya yang baru satu bulan ini terbentuk di daerah setempat.

Peningkatan status dari Unit Siaga menjadi Kantor SAR dan membawahi Pos SAR Sampit (Kabupaten KOtawaringin Timur) dan SAR Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat).

"Kami sangat menyambut baik kehadiran Basarnas Palangka Raya yang bersiap untuk membantu masyarakat apabila terkena musibah baik itu bencana alam serta lain sebagainya," ucap orang nomor satu di Korem 102/Pjg itu.

Baca juga: BPBD-Basarnas Palangka Raya siap kolaborasi penangan bencana

Adanya Basarnas Palangka Raya sudah tentu sangat membantu masyarakat di tiga daerah yang menjadi wilayah kerja Basarnas setempat, meski masih memiliki sejumlah keterbatasan baik jumlah personel maupun peralatan yang mereka miliki.

"Sedikit banyaknya dengan keberadaan Kantor Basarnas Palangka Raya tentunya sangat membantu masyarakat kita, apabila terkena musibah atau bencana alam salah satunya bencana banjir luapan air sungai pada musim penghujan seperti sekarang ini," tandasnya.

Baca juga: DPRD Kalteng bertekat kebut pembahasan raperda Penanggulangan Bencana

Baca juga: Perda Penanggulangan Bencana Kotim untuk mempermudah upaya di lapangan

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar