Pengembangan produk lokal perlu dukungan pemerintah

id Pengembangan produk lokal perlu dukungan pemerintah,Seruyan,DPRD Seruyan,Zuli Eko Prasetyo

Pengembangan produk lokal perlu dukungan pemerintah

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo saat reses di desa Sungai Undang, baru-baru ini. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo meminta pemerintah kabupaten agar mendukung pengembangan produk lokal agar bisa bersaing dengan produk luar daerah dan impor yang membanjiri belakangan ini.

“Dukungan pemerintah sangat diperlukan untuk mengembangkan produk lokal yang dihasilkan masyarakat,“ kata Zuli Eko di Kuala Pembuang, Rabu.

Menurut dia, saat ini produk-produk asli buatan masyarakat Seruyan masih perlu dorongan dan dukungan yang lebih dari pemerintah daerah. Harapannya agar bisa dikembangkan dengan baik oleh masyarakat.

“Seperti yang kita ketahui, bahwa dari hulu sampai hilir Seruyan ini mempunyai produk lokalnya masing-masing. Itu harus mendapat perhatian yang lebih dari pemerintah daerah melalui instansi terkait.

Produk lokal olahan masyarakat Seruyan bahkan sudah diakui oleh daerah lain, baik di tingkat provinsi Kalimantan Tengah maupun nasional, seperti halnya kerupuk ikan pipih dan dan amplang.

Baca juga: Yulhaidir tinjau sejumlah jalan di Kecamatan Seruyan Hulu

Menurut Eko, masih banyak produk lokal yang hasilnya bagus dan sangat berpotensi untuk dipasarkan secara luas, seperti anyaman dari rotan yang memiliki keindahan dan kerajinan-kerajinan lainnya. Perlu pembinaan dan dukungan agar produk lokal semakin berkembang.

“Hal ini merupakan potensi yang harus terus dikembangkan, jangan sampai terlewatkan. Kita bayangkan saja misalnya satu desa ada produknya dan mereka maju, nah ada berapa warga yang akhirnya ekonominya terbantu,” ucap dia.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu berharap, ke depan dukungan pemerintah daerah melalui dinas terkait bisa lebih baik lagi, sehingga masyarakat banyak bisa terbantu. Bagi produsen produk lokal bisa lebih berkembang lagi.

“Intinya jangan sampai kekayaan Seruyan ini mubazir dan tidak tergali dengan baik, karena kita memiliki sumber daya alam yang melimpah, hanya saja cara pengembangan dan pengelolaannya yang perlu diperbaiki," demikian Eko.

Baca juga: Disdukcapil Seruyan imbau masyarakat ganti KK dengan 'barcode'

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar