Barito Utara siap menjadi kabupaten penyangga IKN

id wakil bupati barut Sugianto panala putra,musrenbang regional kalimantan,2020,penyangga ikn

Barito Utara siap menjadi kabupaten penyangga IKN

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra (Ketiga kiri) menghadiri musrenbang regional Kalimantan 2020 di pendopo Gubernur Kalbar di Pontianak, Rabu (19/2/2020).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Pontianak (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah Sugianto Panala Putra menyatakan daerah setempat siap menjadi kabupaten penyangga dari Ibu Kota Negara (IKN).

"Terlebih Barito Utara adalah salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Timur sebagai lokasi Ibu Kota Negara baru," kata Sugianto disela-sela menghadiri menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional Kalimantan  2020 di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu.

Menurut dia, tentunya kabupaten penyangga akan merasakan dampak dari pembangunan IKN. 

"Semoga nantinya dampak dari IKN ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat di kabupaten dengan julukan Bumi Iya Mulik Bengkang Turan ini," kata Sugianto didampingi Kepala BappedaLitbang Muhlis.

Musrenbang regional Kalimantan ini dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan dihadiri oleh beberapa Menteri RI, anggota DPR RI dan pejabat daerah lainnya.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penandatanganan kesepakatan usulan pembangunan regional Kalimantan sekaligus penyerahan cendera mata dari koordinator ke masing-masing Gubernur dan Menteri Dalam Negeri.

Selain itu, juga disampaikan pernyataan sikap dari seluruh masyarakat dan Gubernur se-Kalimantan dalam mendukung IKN baru di Kalimantan Timur.

Musrenbang regional Kalimantan 2020 diisi dengan paparan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional dengan tema "Arah Kebijakan Pembangunan Kalimantan Menuju Peradaban Baru,".

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tema "Dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terhadap Peningkatan SDM di Kalimantan,". Kementerian ESDM dengan tema "Dukungan Kementerian ESDM terhadap Kemandirian Energi di Kalimantan,".

Kementerian PUPR dengan tema "Dukungan Kementrian PUPR terhadap Pembangunan di Kalimantan". Dan Kementrian Perhubungan dengan tema "Dukungan Kementerian Perhubungan Terhadap Perkeretaapian di Kalimantan".