Dinas Perhubungan Barsel sudah diizinkan menguji kendaraan bermotor

id Dinas Perhubungan Barsel sudah diizinkan menguji kendaraan bermotor,Barito Selatan,Buntok,Uji KIR

Dinas Perhubungan Barsel sudah diizinkan menguji kendaraan bermotor

Kepala Dinas Perhubungan Barito Selatan, Daud Danda menunjukkan salah satu alat uji KIR, Kamis (20/2/2020). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan Barito Selatan Kalimantan Tengah Daud Danda mengatakan pihaknya sudah memiliki alat pengujian kendaraan bermotor dan sudah diizinkan melakukan pengujian.

"Ini merupakan kerja keras semua yang selama ini didukung Bupati Barito Selatan, Bapak Eddy Raya Samsuri, sehingga Dinas Perhubungan pada 2020 ini sudah bisa melakukan pengujian kendaraan bermotor," kata Daud Danda di Buntok, Kamis.

Dia menyebutkan, saat ini Dinas Perhubungan memiliki lima alat prioritas untuk pengujian kendaraan bermotor atau uji KIR. Ini menjadi sebuah kemajuan bagi Barito Selatan.

Alat pengujian prioritas tersebut diantaranya seperti alat uji rem, alat uji emisi gas buang dan alat pengujian lampu serta lainnya. Setelah memiliki alat tersebut, Dinas Perhubungan Barito Selatan kini sudah memenuhi persyaratan untuk melakukan pengujian.

Dinas Perhubungan  sudah menyampaikan permohonan ke Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan akreditasi. Hasilnya, alat yang dimiliki Dinas Perhubungan Barito Selatan sudah cukup dianggap sudah memadai sehingga bisa melaksanakan uji KIR.

Dalam waktu dekat ini tim darj Kementerian Perhubungan akan datang ke Barito Selatan untuk menguji alat yang dimiliki Dinas Perhubungan. Pengujian itu sebagai bahan pertimbangan supaya nantinya bisa mendapatkan akreditasi.

Meskipun belum mendapatkan akreditasi, pihaknya saat ini sudah bisa melaksanakan pengujian kendaraan bermotor. Hal itu sesuai dengan surat yang disampaikan Kementerian Perhubungan yang memberikan kesempatan kepada Dinas Perhubungan Barito Selatan untuk bisa melaksanakan pengujian terhadap kendaraan bermotor.

Selama ini sebelum memiliki alat pengujian, Dinas Perhubungan Barito Selatan mengarahkan pemilik kendaraan bermotor untuk melakukan pengujian ke kabupaten lain yang sudah memiliki fasilitas pengujian seperti Barito Timur, Gunung Mas dan Palangka Raya. Kini, kendaraan bermotor sudah bisa uji KIR di Dinas Perhubungan Barito Selatan.

Daud Danda mengimbau masyarakat yang memiliki kendaraan angkutan barang dan angkutan orang yang belum melakukan pengujian agar bisa datang ke Dinas Perhubungan Barito Selatan untuk dilakukan uji KIR.

"Pengujian ini bertujuan agar kendaraan memenuhi standar keselamatan bagi penumpang dan pengemudi itu sendiri," demikian Daud Danda.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar