Optimalisasi wakil kepala daerah guna tingkatkan kinerja Pemkab Seruyan

id Pemkab seruyan, seruyan, kuala pembuang, wabup seruyan, iswanti

Optimalisasi wakil kepala daerah guna tingkatkan kinerja Pemkab Seruyan

Wakil Bupati Seruyan Iswanti bersama wakil kepala daerah se-Indonesia di Jakarta, Jumat, (21/2/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Iswanti menghadiri kegiatan loka karya atau 'workhshop' optimalisasi peran wakil kepala daerah untuk meningkatkan kinerja pemerintah.

Kegiatan yang diikuti para wakil bupati dan wakil wali kota seluruh Indonesia itu dibuka Sekretaris Jenderal Forum Wakil Kepala Daerah Indonesia (Forwakada) yang juga Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said (Pasha Ungu) di Jakarta, Jumat.

“Saat membuka loka karya tersebut, Sekjen Forwakada mengingatkan kedudukan wakil kepala daerah secara politik hampir sama dengan kepala daerah karena proses pemilihannya dilakukan dalam satu paket, “ kata Iswanti saat dihubungi dari Kuala Pembuang, Sabtu.

Namun, dalam praktik birokrasi pemerintahan peran sebagai orang kedua tersebut belum berjalan optimal. Oleh karena itu diperlukan pembagian kerja yang proporsional, agar peran strategis dwi tunggal kepemimpinan daerah dapat terwujud.

Lebih lanjut Iswanti menjelaskan, sebagai pasangan kepala daerah, pihaknya mempunyai kedudukan yang strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pertama, sebagai pelindung dan pengayom masyarakat, hingga motivator dan inovator penggerak dinamika perubahan masyarakat. 

Kemudian, sebagai manajer birokrasi pemerintahan yang menjaga efektivitas dan efisiensi birokrasi, mendorong peningkatan kinerja, serta menjamin terlaksananya pelayanan prima bagi masyarakat. 

Dengan melihat posisi strategis tersebut, seharusnya pola hubungan kerja antara kepala daerah dengan wakil kepala daerah berjalan sinergis, proporsional dan profesional. Harus dihindari disharmoni hubungan keduanya yang disebabkan ketimpangan peran dalam pembagian tugas masing-masing. 

Loka karya itu dimaksudkan sebagai media pembelajaran bersama, sehingga bisa merumuskan pola hubungan kerja kepemimpinan daerah sebagaimana diatur oleh peraturan perundangan, dengan mempertimbangkan dinamika sosiopolitis daerah.

“Semoga setelah mengikuti kegiatan forum wakil kepala daerah itu, saya bisa menambah serta meningkatkan sinergi yang selama ini berjalan baik, untuk kemajuan Seruyan," kata Iswanti.