Pemkab Kotim tingkatkan pembinaan bakat anak sejak dini

id Pemkab Kotim tingkatkan pembinaan bakat anak sejak dini,Pemkab Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit,Kotim,Sekda Kotim,Halikinnor

Pemkab Kotim tingkatkan pembinaan bakat anak sejak dini

Panitia KSN, KOSN dan FLS2N Kecamatan Mentawa Baru Ketapang berfoto dengan Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor, Senin (24/2/2020). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah terus mendorong peningkatan prestasi anak di berbagai bidang sejak dini sehingga nantinya bisa menjadi profesional dan membawa prestasi membanggakan saat dewasa nanti.

"Kotawaringin Timur menjadi barometer di bidang sains dan olahraga di Kalimantan Tengah. Sudah banyak yang berprestasi di tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional. Ini tentu sangat membanggakan kita semua," kata Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor di Sampit, Senin.

Pernyataan itu disampaikan Halikinnor saat membuka Kompetisi Sains Nasional, Kompetisi Olahraga Siswa Nasional, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional tingkat SD/MI Kecamatan Mentawa Baru Ketapang yang dipusatkan di SDN 3 Mentawa Baru Hulu.

Kegiatan ini diikuti perwakilan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Peserta dan guru sangat antusias menghadapi beragam lomba yang dilaksanakan.

Menurut Halikinnor, kegiatan ini sangat bagus dalam rangka mencari bibit-bibit baru dalam bidang sains, olahraga dan seni. Melalui kegiatan tersebut akan terlihat bakat-bakat terpendam yang dimiliki murid-murid di daerah ini.

Mereka yang menjadi juara nantinya harus mendapat perhatian dalam hal pembinaan. Potensi dan kemampuan mereka harus terus dibina dan dikembangkan.

Baca juga: DPRD Kotim soroti ancaman pohon tumbang

Pembinaan sejak dini akan lebih baik dan membawa hasil optimal. Semakin sering pembinaan, maka semakin besar pula peningkatan kemampuan anak dalam bidang sains, olahraga dan seni sehingga mereka diharapkan meraih prestasi.

"Kegiatan ini menjadi sarana untuk menjaring bibit berbakat dalam bidang olahraga, sains dan seni. Kegiatan ini harus dimanfaatkan dengan baik," kata Halikinnor.

Halikinnor juga meminta panitia mendata juara di semua cabang lomba dalam kegiatan tersebut. Dia berjanji akan memberikan bonus sebagai bentuk dukungan dan motivasi kepada peserta agar mampu berprestasi.

Dia juga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat terus mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah pada 2022 mendatang.

Baca juga: Dua warga Kotim tenggelam saat pergi memancing

Baca juga: Legislator minta masyarakat peduli cegah DBD mewabah di Kotim