FIFA diharapkan lebih cepat tentukan enam stadion Piala Dunia U-20

id pssi,fifa,stadion piala dunia,u-20,enam stadion

FIFA diharapkan lebih cepat tentukan enam stadion Piala Dunia U-20

Warga beraktivitas di kawasan Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/ama

Jakarta (ANTARA) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berharap Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) lebih cepat menentukan enam stadion yang akan digunakan di Piala Dunia U-20 pada 2021.

Awalnya PSSI melalui Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan menyebut bahwa FIFA dijadwalkan datang untuk melakukan inspeksi pada akhir Maret tahun ini. Namun saat ini, PSSI ingin hal itu dilakukan pada awal Maret.

“Pak Menpora Zainudin Amali sudah menanyakan kapan karena Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) menanyakan terus. Jadi kami berusaha supaya FIFA datang awal atau pertengahan Maret supaya stadion bisa segera direnovasi,” ujar Iriawan di Jakarta, Senin.

Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu menyebut, pemerintah ingin menunaikan perbaikan stadion dan lapangan latihan tepat waktu.

Seperti diketahui, FIFA mensyaratkan, setiap stadion untuk Piala Dunia U-20 harus memiliki lima lapangan latihan, di mana empat di antaranya untuk pemain dan satu untuk wasit.

“Fase-fase tender itu panjang sekali, ada sekitar empat bulan. Khawatir tidak terkejar dan itu sudah dihitung oleh Menteri PUPR,” tutur Iriawan.

Selain itu, dia melanjutkan, semakin cepat penentuan enam stadion juga berpengaruh ke selesainya konsep Keputusan Presiden (Keppres) tentang panitia nasional penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 yang saat ini sedang disusun oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Hal senada sebelumnya sudah disampaikan oleh Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto.

Gatot menyebut, pemerintah pun berharap FIFA datang pada awal Maret dan menentukan enam stadion. Penentuan itu vital untuk penyelesaian Keppres Piala Dunia U-20 yang ditargetkan tuntas pada akhir Maret juga.

“Kenapa harus menunggu kedatangan FIFA, karena di Keppres itu nanti ada hal terkait dengan keberadaan gubernur-gubernur yang daerahnya dipakai untuk Piala Dunia U-20,” tutur Gatot.

Sebagai informasi, rancangan Keppres terkait Piala Dunia U-20 disusun oleh Kemenpora. Sebelum diberikan ke Presiden Joko Widodo untuk ditandatangani, konsep Keppres itu akan dibahas dengan PSSI serta kementerian dan lembaga yang terkait.

Piala Dunia U-20 berlangsung pada 24 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia. Ada 11 stadion yang ditetapkan PSSI sebagai kandidat arena pertandingan adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan, Stadion I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru).