Pemkot Palangka Raya tingkatkan pengembangan ternak rusa

id fairid naparin,peternakan rusa,palangka raya,Pemkot Palangka Raya,Pemkot Palangka Raya tingkatkan pengembangan ternak rusa

Pemkot Palangka Raya tingkatkan pengembangan ternak rusa

ASN Kota Palangka Raya mengunjungi salah satu lokasi peternakan rusa di kota setempat (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Fairid Naparin mengatakan pihaknya akan meningkatkan pengembangan peternakan rusa di kota itu.

"Kemarin usai pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan di Kecamatan Rakumpit kami sempat melihat lokasi penangkaran rusa. Lokasi dan tempat penangkarannya sudah bagus. Ini akan terus kita kembangkan," kata Fairid di Palangka Raya, Rabu.

Dia mengatakan jika dilakukan dengan serius maka Pemerintah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini akan mampu dalam pengembangan peternakan rusa. Hal itu karena adanya kondisi dan luas lahan serta sumber pakan yang memadai.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya fokus tingkatkan infrastruktur daerah pinggiran

Pengembangan atau peternakan rusa ini telah dilakukan sejak wali kota sebelum wali kota Fairid Naparin. Namun Wali Kota Palangka Raya termuda ini ingin meningkatkan pengelolaan peternakan rusa.

Di penangkaran atau peternakan rusa yang lokasinya tidak jauh dari Kelurahan Petuk Bukit, Kecamatan Rakumpit terdapat 33 ekor rusa berbagai usia dan ukuran.

Fairid berharap pengembangan ternak rusa nantinya menjadi salah satu pendongkrak perekonomian dan pendapatan asli daerah melalui sektor peternakan. Pihaknya pun berharap pengembangan ternak rusa itu akan didukung sektor swasta.

Jika peternakan itu nantinya sudah maju dan berkembang pesat, maka juga dapat dijadikan objek wisata alternatif bagi masyarakat yang ada maupun berkunjung di "Kota Cantik" Palangka Raya.

Hal itu karena saat ini di wilayah Kota Palangka Raya peternakan rusa belum banyak dilakukan baik oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat secara mandiri. Selain di Kelurahan Petuk Bukit dan Jalan Bromo, Palangka Raya. Itu pun pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah daerah. Untuk itu, peluang pengembangan rusa itu sangat terbuka lebar baik dari sisi pemasaran maupun persaingan usaha.

Baca juga: Legislator Palangka Raya apresiasi pemkot melakukan peneriban aset

Baca juga: Pemkot gencarkan gotong royong bersama warga berantas DBD

Baca juga: BPK-BPKAD cek keberadaan aset milik Pemkot Palangka Raya