Pengembangan ternak ayam petelur di Bartim memuaskan

id Pengembangan ternak ayam petelur di Bartim memuaskan,Barito Timur,Bupati Bartim,Ampera AY Mebas

Pengembangan ternak ayam petelur di Bartim memuaskan

Kepala Dinas Pertanian Bartim Riza Rahmadi memberikan arahan saat rapat kordinasi dan sosialisasi awal komando strategi pembangunan pertanian (Kostratani) di Murutuwu Kecamatan Paju Epat, Kamis (27/2/2020). ANTARA/HO-Dinas Pertanian

Tamiang Layang  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah melalui Dinas Pertanian setempat mengintruksikan penyuluh pertanian mengawal pengembangan ternak ayam petelur agar hasilnya terus meningkat.

“Kepada semua penyuluh di Bartim sudah kita berikan arahan agar tidak berhenti pada tahap melatih petani atau peternak saja, tetapi juga mendampingi petani sampai bisa berhasil,” kata Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Riza Rahmadi di Tamiang Layang, Kamis. 

Riza Rahmadi mengatakan, salah satu pendampingan penyuluh pertanian dalam pengembangan ternak ayam petelur yang berhasil produksi dengan hasil memuaskan yakni di Desa Murutuwu Kecamatan Paju Epat.

Menurutnya, penyuluh tidak cukup dengan melatih saja, namun harus terus mendampingi petani di wilayah kerja masing-masing sampai dengan produksi dan pemasarannya, termasuk juga di Desa Murutuwu.

Penyuluh merupakan ujung tombak pertanian, terutama dalam kegiatan budidaya ayam petelur yang menjadi program Pemkab Barito Timur dalam pengembangan pembangunan pada sektor ekonomi kerakyatan.

Program yang digulirkan pemerintah melalui Dinas Pertanian Barito Timur dapat berhasil dengan baik dan memberikan dampak bagi peningkatan ekonomi petani, dalam hal ini adalah peternak ayam petelur binaan.

"Program ini juga merupakan program Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas dalam penanganan stunting atau gagal tumbuh di Kabupaten Barito Timur secara berkelanjutan. Telur merupakan salah satu pangan empat sehat lima sempurna,” kata Riza.

Dia juga berharap, pendampingan dari penyuluh memberikan motivasi bagi kelompok tani ternak yang lain untuk mengembangkan komoditas ayam petelur seperti di Desa Murutuwu.

Penyuluh pertanian Desa Murutuwu Elisa mengatakan, ayam petelur adalah ayam-ayam betina dewasa yang dipelihara khusus untuk bisa bertelur dan diambil telurnya.

“Usaha peternakan ayan petelur di Bartim memiliki prospek yang cukup baik. Produksinya pun cukup baik sehingga bisa mendorong perekonomian peternak ayam petelur,” kata Elisa.

Menurutnya, jika peternakan ayam petelur dilihat dari prospek bisnis maka akan terlihat jumlah hasil produksi telur yang dalam kapasitas besar yang sangat memberikan keuntungan yang cukup besar.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar