Pemkab Barut ajak semua ASN ikut aksi pungut sampah

id wakil bupati barut sugianto panala putra,aksi pungut sampah,barito utara

Pemkab Barut ajak semua ASN ikut aksi pungut sampah

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra didampingi Sekda H Jainal Abidin, Kadis Lingkungan Hidup Suriawan Prihandi dan pejabat lainnya saat berada di Pasar Bebas Banjir (PBB) Muara Teweh, Jumat (28/2/2020).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat untuk melakukan "Aksi Pungut Sampah" yang bertujuan untuk mengedukasi semua pihak tentang pentingnya kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat dalam atasi sampah.

Kegiatan aksi pungut sampah diikuti Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, Sekda H Jainal Abidin serta ASN dan  anak didik dari SD, SMP dan SMA untuk terlibat di dalam gerakan aksi pungut sampah tersebut.  

"Pemkab Barito Utara memulai sebuah gerakan bersih aksi pungut sampah yang kita mulai pada hari ini Jumat," kata Sugianto Panala Putra saat mengikuti gerakan pungut serta memotong rumput menggunakan mesin potong rumput di lapangan Hijau Muara Teweh,Jumat.

Kegiatan kerja bakti aksi pungut sampah ini berlokasi selain di Lapangan Hijau juga pasar dan terminal PBB, pertokoan Barito Permai, bantaran sungai Barito (WFC), taman kota Muara Teweh (taman stadion), Jalan Pramuka, Jalan Yetro Sinseng, Jalan Ahmad Yani dan lingkungan sekolah masing-masing.
 
Wakil Bupati Sugianto Panala Putra didampingi Sekda H Jainal Abidin dan Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma serta pejabat lainnya saat berada di Lapangan Hijau Muara Teweh, Jumat (28/2/2020).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Menurut Sugianto, dari cara berpikir hendaknya tidak buang sampah sembarangan, lalu komitmen bersihkan lingkungan, serta jadikan Barito Utara hijau bersih dan sehat.

"Seperti slogan BARITO, "Bersih, Aman, Rapi, Indah, Tertib, Optimal”, untuk menuju semua itu perlu kesadaran bersama dengan membuang sampah pada tempat-tempat yang sudah di sediakan pemerintah,” katanya disela-sela mengikuti kegiatan tersebut.

Sementara salah seorang pedagang pasar Lapangan Hijau Muara Teweh, Barkatilah meminta kepada Pemkab Barito Utara untuk bisa mengumpulkan semua pedagang yang masih berjualan di pasar blauran agar bisa berjualan di Lapangan Hijau.

“Dengan harapan para pembeli akan lebih banyak dan pendapatan para pedagang bisa bertambah, karena selama ini pasar di lapangan Hijau Muara Teweh sepi pembeli pasca kebakaran yang menimpa pasar pendopo beberapa waktu lalu," kata dia.

Di tempat terpisah Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengungkapkan kerja bakti aksi pungut sampah ini merupakan edukasi semangat bersih-bersih dalam rangka Barito Utara bebas sampah.

“Aksi pungut sampah ini butuh komitmen bersama dari seluruh elemen. Tidak hanya dilakukan Pemkab Barito Utara dan instansi terkait namun juga elemen masyarakat pecinta lingkungan dan petugas kebersihan," ucapnya.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam gerakan aksi pungut sampah. 

“Ini bagian dari komitmen kita bersama dalam mengatasi sampah karena juga kebersihan itu sebagian dari iman," kata Nadalsyah.