Jasa transportasi sungai diingatkan tidak abaikan keselamatan penumpang

id Jasa transportasi sungai diingatkan tidak abaikan keselamatan penumpang,Seruyan,DPRD Seruyan,Masfuatun

Jasa transportasi sungai diingatkan tidak abaikan keselamatan penumpang

Penumpang angkutan sungai saat berada di dermaga Desa Jahitan, beberapa waktu lalu. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Kalimantan Tengah Masfuatun meminta pengusaha angkutan sungai untuk tetap memperhatikan dan mengutamakan keselamatan penumpang di daerah setempat.

“Faktor keamanannya harus benar-benar diperhatikan karena transportasi sungai berupa longboat merupakan salah satu alat transportasi yang memiliki banyak peminat di Seruyan,” kata Masfuatun di Kuala Pembuang, Jumat.

Seperti diketahui, longboat masih menjadi angkutan umum sungai andalan karena jalurnya yang terbilang dekat. Selain itu, harga tiketnya cukup murah bagi masyarakat kabupaten yang berjulukan Bumi Gawi Hantantiring ini, terutama daerah yang belum memiliki akses jalur darat.

Angkutan sungai masih efektif untuk menjangkau desa-desa yang jauh dan sulit dijangkau melalui jalur darat. Selain itu, angkutan sungai juga dinilai masih efektif untuk angkutan barang karena lebih murah dan bisa dalam jumlah  lebih banyak.

Dia meminta pengusaha jasa transportasi sungai untuk menaati aturan dan standar keamanan yang berlaku, serta melengkapi angkutan sungai dengan peralatan keselamatan.

“Minimal dilengkapi dengan alat keselamatan seperti pelampung atau lainnya, untuk berjaga-jaga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Ketersediaan fasilitas keselamatan tersebut mutlak disiapkan untuk membantu masyarakat atau penumpang transportasi sungai itu. Penumpang tidak lagi takut dan resah untuk menggunakan jasa transportasi tersebut.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengimbau pelaku usaha lebih mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan serta tidak membawa muatan yang melebihi kapasitas longboat.

“Karena sangat  berbahaya kalau misalnya bermuatan melebihi kapasitas kapal. Jangan hanya cari keuntungan tapi ingat juga dengan keselamatan penumpang,” tegasnya.

Lebih lanjut Masfuatun mengatakan, diharapkan kepada instansi terkait terkait agar rutin mensosialisasikan tentang keselamatan berlalu lintas di sungai, terutama mengingatkan tentang perlengkapan peralatan keselamatan.

Informasi yang disampaikan oleh instansi tersebut akan sedikit membantu dan mengurangi risiko kecelakaan.

“Sehingga masyarakat bisa benar-benar terjamin untuk keselamatannya dan merasa nyaman menggunakan jasa transportasi sungai tersebut,” demikian Masfuatun.