DPRD Seruyan harapakan relawan desa APU bisa amanah

id Kalimantan Tengah, Kalteng, DPRD Seruyan, Seruyan, Harsandi

DPRD Seruyan harapakan relawan desa APU bisa amanah

Anggota DPRD Seruyan Harsandi saat menandatangani deklarasi desa anti politik uang, di desa Bangun Harja, kecamatan Seruyan Hilir Timur, Senin. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Kalimantan Tengah, Harsandi mengharapkan kepada tim relawan desa Anti Politik Uang yang baru saja di resmikan oleh ketua Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia di wilayah setempat.

"Tim relawan harus bisa menjaga amanah yang telah dipercayakan untuk melaksanakan tugas menolak politik uang di daerah setempat," kata Harsandi saat menghadiri peresmian desa APU di desa Bangun Harja, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Senin.

Menurut Harsandi, tim relawan ini adalah ujung tombaknya untuk suksesnya Pemilihan Umum (Pemilu) bebas politik uang di daerah tersebut. Dengan begitu, bisa menciptakan demokrasi yang bermartabat dan menghasilkan pemimpin yang amanah.

"Jangan sampai tim relawan melanggar apa yang telah di deklarasikan untuk menolak politik uang di desanya," jelasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut sangat penting binaan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Seruyan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang berdampak buruk pada demokrasi Indonesia umumnya dan khususnya di kabupaten yang berjulukan Bumi Gawi Hantantiring ini.

Baca juga: Jasa transportasi sungai diingatkan tidak abaikan keselamatan penumpang

"Saya sangat mengapresiasi dibentuknya desa APU yang pertama kali di Kalimantan Tengah ini, diharapkan hal ini bisa menciptakan demokrasi yang bermartabat. Artinya dengan dibentuknya desa tersebut, masyarakat kita telah menyadari untuk menolak politik uang," ungkap Harsandi.

Pria yang akrab di sapa Sandi itu menyampaikan, sesuai peraturan undang-undang yang berlaku, seperti yang diketahui pemberi atau penerima politik uang bisa dipidana. Dan, dengan adanya  desa APU tersebut bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain yang berada di Seruyan.

"Jangan sampai berani mencoba-coba politik uang, walaupun hanya menerima kita bisa dijerat oleh hukum, Maka dari itu, kita harus bisa menjadi pengawas untuk menciptakan Pemilu yang bersih," demikian Harsandi.

Baca juga: DPRD ingatkan warga Seruyan waspadai semakin maraknya hoax

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan minta perbanyak program pelatihan keterampilan