Juve dan Inter bersaing rebut gelar Liga Italia

id Juve dan Inter bersaing rebut gelar Liga Italia,Juventus,Inter Milan,Liga Italia

Juve dan Inter bersaing rebut gelar Liga Italia

Juventus' Portuguese forward Cristiano Ronaldo grabs the ball as he celebrates after scoring a penalty past AC Milan's Italian goalkeeper Gianluigi Donnarumma (R) and equalize during the Italian Cup (Coppa Italia) semi-final first leg football match AC Milan vs Juventus Turin on February 13, 2020 at the San Siro stadium in Milan. (Photo by Isabella BONOTTO / AFP)

Jakarta (ANTARA) - Juventus dan Inter Milan ingin mengamankan langkah di Piala Italia saat keduanya memainkan pertandingan leg kedua semifinal pada tengah pekan, yang berlangsung di tengah-tengah suasana "kacau" di Liga Italia akibat hantaman virus corona.

Kedua tim yang juga sedang bersaing merebut gelar Liga Italia itu harus menerima nasib disalip oleh Lazio yang merebut pucuk klasemen. Kota Roma, yang merupakan markas Lazio, tidak terkena dampak virus corona, yang telah menewaskan 52 orang di negara tersebut.

Inter, yang akan melawat ke markas Napoli pada Kamis setempat (5/3) berharap dapat membalikkan defisit 0-1 dari Napoli, setelah mereka ditaklukkan tim tamu di San Siro pada leg pertama. Inter belum pernah lagi bermain di Italia sejak dikalahkan Lazio pada 16 Februari akibat virus corona menghantam wilayah Lombardy dan Veneto.

Baca juga: Ronaldo klaim laga Inter vs Juventus seperti 'El Clasico'

Pertandingan kandang mereka melawan Sampdoria dan laga akhir pekan silam melawan Juve mengalami penundaan. Keputusan menunda pertandingan itu memicu kemarahan CEO klub Beppe Marotta, yang menginginkan agar laga tersebut dimainkan tanpa kehadiran penonton.

Dua pertandingan 32 besar Liga Europa melawan Ludogorets merupakan dua pertandingan yang dapat dimainkan Inter dalam rentang waktu tersebut. Jadwal mereka yang terganggu juga membuat mereka kini turun ke peringkat ketiga di klasemen liga, di bawah Lazio dan musuh bebuyutannya Juventus.


Kebangkitan Napoli di bawah Gattuso

Mereka akan menghadapi lawan berat di Napoli, yang sedang bangkit di bawah asuhan pelatih Gennaro Gattuso yang menggantikan Carlo Ancelotti pada Maret.

Partenopei telah naik ke peringkat keenam di klasemen Liga Italia, dan mereka tampil memukau saat menahan imbang Barcelona dengan skor 1-1 d Stadion San Paolo pada tengah pekan.

Baca juga: Laga Juventus vc Inter Milan terpaksa ditunda akibat corona

Sementara itu, juara bertahan Liga Italia Juventus akan menjamu AC Milan pada semifinal lainnya pada Rabu (4/3), dalam laga yang dapat disaksikan secara langsung oleh para penonton.

Pemerintah Italia mengeluarkan peraturan yang membatalkan semua acara olahraga di wlayah Lombardy, Veneto, Emilia Romagna, dan provinsi Liguria dan Le Marche yang terhantam virus corona sampai 8 Maret. Acara-acara itu masih dapat dilaksanakan namun tidak dapat dihadiri penonton.

Peraturan itu juga melarang para penggemar dari sejumlah wilayah untuk melakukan perjalanan tandang.

Baca juga: Lyon menang tipis atas Juventus

Juventus mengumumkan bahwa hanya para penggemar dari wilayah-wilayah yang tidak dilarang pemerintah Italia yang diizinkan bertandang ke Turin (di wilayah Piedmont) untuk menyaksikan pertandingan.

Mereka akan menghadapi Milan yang satu-satunya kekalahannya pada 2020 adalah saat melawan Inter pada laga derby bulan lalu, dan hanya kurang beruntung sehingga bermain imbang 1-1 pada leg pertama.

Performa pasukan Maurizio Sarri belakangan memang menurun yang membuat mereka takluk dari Napoli dan Hellas Verona, namun La Vecchia Signora tetap akan difavoritkan melaju ke laga puncak.

Kekalahan 0-1 mereka dari Olympique Lyon di Liga Champions telah menimbulkan pertanyaan perihal masa depan Sarri, dan seandainya Milan mencapai final dengan kemenangan pertama mereka di Allianz Arena, tuntutan untuk memecat sang arsitek tim akan lebih nyaring lagi.

Baca juga: Inter hadiahkan dua gol pada Lazio

Jadwal pertandingan leg kedua Liga Italia (dalam WIB, hasil leg pertama dalam kurung)

Kamis, 5 Maret
02.45 Juventus vs AC Milan (1-1)

Jumat, 6 Maret
02.45 Napoli vs Inter Milan (1-0)