DPRD apresiasi kinerja Disperkimtan Kota Palangka Raya

id kalimantan tengah,kalteng,dprd kota palangka raya,dprd palangka raya,anggota dprd palangka raya,Yudhi Karlianto Manan

DPRD apresiasi kinerja Disperkimtan Kota Palangka Raya

Legislator Kota Palangka Raya Yudhi Karlianto Manan. ANTARA/HO-Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Yudhi Karlianto Manan mengapresiasi kinerja Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan setempat karena telah menangani dan membersihkan pohon yang dinilai rawan tumbang.

"Selaku mitra kerja Komisi B kami memberikan apresiasi atas kinerja Disperkimtan dalam mengantisipasi terjadinya pohon tumbang pada sejumlah kawasan di Kota Palangka Raya," kata Yudhi, Rabu.

Dia menuturkan demi menjaga keselamatan warga, dalam sehari petugas dari instansi terkait melakukan tiga lokasi pemangkasan dahan dan perawatan terhadap pohon-pohon di kota setempat. Pemangkasan dahan tersebut agar wajah kota terlihat rapi dan bersih dilakukan di kawasan bundaran besar, Jalan Mendawai dan sekitar wilayah Jalan Dahlia.

"Apalagi dalam beberapa hari ini sering hujan beserta angin kencang, maka dari itu instansi terkait mengantisipasi masalah tersebut. Apabila tidak diantisipasi secepatnya, tentunya akan bisa membahayakan masyarakat yang berada di sekitar pohon yang umurnya sudah tua," katanya.

Mengenai persoalan tersebut, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui instansi terkait disarankan melakukan pemetaan lokasi-lokasi mana saja yang dianggap rawan terjadinya pohon tumbang.

Baca juga: Legislator minta masyarakat jangan menimbun masker

Hal itu tentunya agar ada upaya penanganan secara rutin dan masyarakat pun tidak perlu merasakan khawatir lagi saat melintasinya di lokasi pohon-pohon rawan tumbang.

"Daerah kita ini memang cukup banyak titik yang kanan dan kiri jalannya pohon berjejer. Diperhatikan semua, dimana saja lokasi pohon yang rawan tumbang agar bisa segera ditangani," bebernya.

POlitisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengakui, bahwa keberadaan pohon di sejumlah ruas perkotaan di Palangka Raya ini memiliki berbagai manfaat, salah satunya sebagai peneduh.

Namun bukan berarti pohon tersebut tidak boleh dipangkas ataupun dipotong untuk memberikan jaminan keselamatan bagi pengguna jalan serta keindahan wajah kota.

"Memang mengantisipasi persoalan itu semuanya harus bersinergi, pemerintah tentunya tidak dapat mengatasinya sendiri. Yang jelas penting kiranya keterlibatan masyarakat dan pemerintah saling berkoordinasi berkelanjutan," demikian Yudhi.

Baca juga: Fraksi PAN apresiasi Disdukcapil Palangka Raya segera distribusikan 10.000 KTP-E

Baca juga: Legislator Palangka Raya soroti maraknya pencurian sepeda motor