846 peserta ikuti tes tertulis PPS di Bartim

id 846 peserta ikuti tes tertulis PPS di Bartim,Barito Timur,KPU Bartim

846 peserta ikuti tes tertulis PPS di Bartim

Komisioner KPU Bartim Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM Zarmiyeni (berdiri kiri) bersama anggota Bawaslu setempat memonitor pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPS di SMPN 1 Dayu, Rabu (4/3/2020) kemarin. ANTARA/HO-KPU Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Sebanyak 846 peserta mengikuti tes tertulis seleksi calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah.

"Tes serentak dilaksanakan tanggal Rabu (4/3) kemarin, dengan tiga lokasi berbeda yakni SMPN 1 Tamiang Layang, SMPN 1 Dayu dan SMPN 1 Dusun Tengah," kata Ketua KPU Barito Timur Andy Amiyanu Gandrung melalui Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM Zarmiyeni di Tamiang Layang, Kamis.

Peserta tersebut berasal dari 104 desa dan kelurahan di Barito Timur. Tiga lokasi tersebut membagi wilayah tes untuk calon anggota PPS, yakni wilayah I untuk Kecamatan Benua Lima, Dusun Timur, Patangkep Tutui dan Awang.

Wilayah II untuk Kecamatan Paju Epat, Paku dan Karusen Janang, sedangkan wilayah III untuk Kecamatan Dusun Tengah, Pematang Karau dan Raren Batuah.

Hasil tes tertulis akan diumumkan pada 7-9 Maret nanti. Peserta yang dinyatakan lulus tahap ini berhak mengikuti tahapan selanjutnya yakni tes wawancara pada 11 hingga 13 Maret di kantor kecamatan masing-masing.

KPU Barito Tumur akan menetapkan sebanyak 312 calon anggota PPS hasil seleksi yang dilaksanakan secara bertahap pada 20-21 Maret. Tiap desa atau kelurahan ada tiga orang anggota PPS.

"Untuk pelantikan anggota PPS ini dijadwalkan pada Minggu (22/3) nanti. Diharapkan tahapan seleksi PPS bisa berjalan lancar hingga pelantikan nanti," katanya.

Zarmiyeni menambahkan, rekrutmen awal anggota PPS di Barito Timur mengalami kendala karena kouta untuk 38 desa tidak terpenuhi. Setalah dilakukan perpanjangan sebanyak tiga hari, kouta anggota PPS untuk 104 desa dan kelurahan akhirnya terpenuhi.

Sebelumnya, KPU Barito Timur telah melantik 39 orang anggota PPK dari 10 kecamatan di Kabupaten Barito Timur di aula Dinas Pendidikan Barito Timur di Tamiang Layang.

Setelah pelantikan ini, anggota PPK sudah siap untuk bekerja dan menjadi perpanjangan tangan KPU dalam menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur  Kalteng 2020, khususnya di tingkat kecamatan.

Tugas besar yang akan dilaksanakan diantaranya pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, mengumpulkan hasil penghitungan suara di TPS, melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan, hingga menindaklanjuti temuan dan atau laporan panwas di tingkat kecamatan dalam proses pemilihan nanti.