Legislator berharap virus corona tak pengaruhi ketersediaan bahan pokok

id Kalimantan Tengah,Kalteng,DPRD Kota Palangka Raya,DPRD Palangka Raya,Anggota DPRD Palangka Raya,virus corona,Ruselita

Legislator berharap virus corona tak pengaruhi ketersediaan bahan pokok

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Ruselita. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Ruselita berharap dengan masuknya virus Corona atau Covid-19 ke sejumlah daerah di Indonesia, tidak memberikan dampak negatif terhadap ketersediaan bahan pokok di wilayah setempat.

"Kalau virus corona itu mempengaruhi ketersediaan bahan pangan di kota kita ini, tentunya dapat membuat dan menyusahkan pemerintah maupun masyarakat. Semoga saja tidak ada pengaruhnya lah," kata Ruselita saat di hubungi di Palangka Raya, Jumat.

Dikatakan, meskipun stok ketersediaan sembilan bahan pokok di 'Kota Cantik' sebutan Palangka Raya terbilang masih aman, tidak ada salahnya instansi terkait melakukan pengecekan pangan yang berada di pasar-pasar tradisional di daerah setempat.

Hal itu di sarankan untuk mengantisipasi kelangkaan sejumlah barang yang selama ini menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari, akibat dampak dari masuknya virus yang membahayakan nyawa manusia tersebut.

"Semoga stok ketersediaan bahan pangan di daerah kita aman dan tidak ada kelangkaan," ucapnya.

Anggota Komisi B di DPRD Kota Palangka Raya yang membidangi masalah perekonomian dan Pembangunan Infrastruktur itu mengimbau, jangan sampai para pedagang atau tengkulak di pasar tradisional memanfaatkan momen tersebut sehingga harga bahan pokok menjadi mahal serta membuat panik warga.

"Jangan sampai momen seperti ini dimanfaatkan para oknum pedagang dan tengkulak menaikkan harga jual bahan pokok di pasaran, maka dari itu perlu pengawasan dari instansi terkait dalam hal ini," bebernya.

Baca juga: DPRD dorong pemkot tertibkan penyalahgunaan ruko di Palangka Raya

Srikandi cantik dari Partai Perindo mengingatkan kepada seluruh masyarakat, agar dalam kesehariannya memberlakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Selain melakukan PHBS, masyarakat diminta sering-sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun atau antiseptik serta perbanyak minum air putih untuk mencegah terjangkitnya virus Corona," demikian Ruselita.

Baca juga: Ketua DPRD minta PLN lakukan peremajaan kabel listrik di Palangka Raya

Baca juga: DPRD Palangka Raya dorong pemkot kembangkan RPH

Baca juga: DPRD apresiasi kinerja Disperkimtan Kota Palangka Raya