Ben Brahim harapkan partisipasi masyarakat meriahkan Festival Seni Budaya

id Pemkab kapuas, kuala kapuas, bupati kapuas, ben brahim, festival seni budaya tingang menteng panunjang tarung, pariwisata, kebudayaan, kesenian

Ben Brahim harapkan partisipasi masyarakat meriahkan Festival Seni Budaya

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat (tengah) membuka Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung 2020 dibuka secara langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat di Kuala Kapuas, Sabtu, (7/3/2020). (ANTARA/Ho-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah Ben Brahim S Bahat, meminta kepada seluruh masyarakat di berbagai kecamatan ikut berpartisipasi memeriahkan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung 2020.

"Festival ini memperingati hari jadi Kota Kuala Kapuas ke-214 dan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas ke-69 pada 2020," katanya di Kuala Kapuas, Minggu.

Semua pihak harus berpartisipasi melestarikan budaya, agar selalu dapat terjaga dan dijadikan sebagai potensi pariwisata untuk mengembangkan Kapuas kedepannya.

Orang nomor satu di Kapuas itu sangat mengapresiasi terselenggaranya festival tersebut, karena menjadi salah satu upaya tepat untuk melestarikan kebudayaan yang ada di daerah setempat.

Ben mengharapkan, agar pihak-pihak terkait dapat mengolah sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Kapuas, sehingga bisa dimanfaatkan guna mendukung pengembangan pariwisata yang dapat membantu kesejahteraan masyarakat.

“Saya harap kepada masing-masing kecamatan di Kapuas selalu berupaya mengembangkan potensi yang dimiliki, salah satunya kesenian budaya tarinya masing-masing. Hingga akhirnya Kapuas selalu dipenuhi dengan ragam kesenian," katanya.

Dengan memasuki usia ke-214, Ben juga mengajak seluruh masyarakat selalu menjaga keberagaman dan kesenian, serta ikut melestarikan kebudayaan daerahnya masing-masing.

Sementara itu pembukan festival yang berlangsung di Gedung Olah Raga (GOR) Panunjung Tarung Kuala Kapuas, ditandai pemukulan katambung oleh Ben Brahim didampingi Anggota DPR RI Dapil Kalteng Ary Egahni dan unsur pimpinan forum koordinasi daerah setempat.

Anggota Komisi III DPR RI Ary Egahni dalam kesempatan tersebut, mengaku bangga dengan kesenian yang beraneka ragam di Kapuas.

Berkenaan hal itu, istri orang nomor satu di Kapuas ini mengajak semua pihak terkait berpartisipasi melakukan berbagai inovasi, guna melestarikan serta meningkatkan kesenian yang ada di daerah setempat.

"Saya sangat mengapresiasi terselenggaranya festival tersebut, karena mampu memperkenalkan kepada masyarakat tentang kesenian-kesenian apa saja yang dimiliki Kapuas," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kapuas Suparman mengatakan, pada festival tersebut diisi berbagai macam lomba, diantaranya tari pedalaman, bagasing, balogo, lawang sakepeng dan juga karungut dengan peserta yang berpartisipasi berasal hampir dari seluruh kecamatan.