Bupati ajak peserta festival budaya doakan almarhum Dandim Kapuas

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten kapuas,kapuas,bupati kapuas,dandim kapuas,Ben Brahim S Bahat

Bupati ajak peserta festival budaya doakan almarhum Dandim Kapuas

Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat didampingi Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalteng, Ary Egahni, saat memukul Katambung tanda penutupan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas tahun 2020, di Gedung Olah Raga Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas, Senin malam. ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat mengajak seluruh peserta dan semua yang hadir di Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas tahun 2020, mendoakan almarhum Dandim 1011/KLK Bambang Kristianto Bawono yang wafat saat menjalankan tugas di sekitar Sungai Sebangau.

"Kepada seluruh yang hadir, mari kita tundukan sejenak untuk mengheningkan cipta sekaligus berdoa bersama untuk Dandim 1011/KLK Bambang Kristianto Bawono," kata Ben saat menutup festival budaya di Gedung Olagraga Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Senin malam.

Dalam kesempatan itu, Ben sangat mengapresiasi dengan digelarnya festival budaya ini sebab semakin menambah tali silaturahmi serta juga dapat menjaga warisan budaya yang ada di Kabupaten Kapuas. 

Dirinya juga sangat mengapresiasi kepada seluruh peserta yang telah memberikan penampilan dengan sangat luar biasa dalam memeriahkan festival budaya agenda tahun inu.

Baca juga: Almarhum Letkol Bambang Kristianto dikenal selalu aktif berikan pemikiran untuk kemajuan Kapuas

“Dalam setiap perlombaan pasti ada menang dan juga kalah. Oleh karena itu, teruslah asah kemampuan serta kualitas dalam memberikan penampilan yang terbaik untuk kedepannya. Saya yakin bakat dari anak-anak muda ini sangat luar biasa dan yang terpenting kita dapat saling bersilaturahmi antar sesama,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta lomba yang telah mengikuti kegiatan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung ini, dengan penuh semangat dan antusias yang luar biasa dan berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali kedepannya.

Digelarnya festival tersebut dalam rangka memeriahkan Hari jadi Kota Kuala Kapuas ke 214 dan HUT Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 69 Tahun 2020. Tampak hadir dalam kesempatan itu, Pj Sekda Kabupaten Kapuas Andres Nuah, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas, Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat serta peserta yang mengikuti festival budaya tersebut.

Baca juga: Kodam Tanjungpura sampaikan belasungkawa meninggalnya Dandim Kuala Kapuas

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kapuas, Suparman mengatakan, festival budaya ini telah dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 7-9 Maret 2020, dengan berbagai macam lomba diantaranya lomba tari pedalaman, lomba karungut, lomba bagasing, lomba balogo dan juga lomba lawang sakepeng.

Adapun untuk pemenang terbaik satu di tiap kategori yaitu untuk lomba tari pedalaman tingkat kecamatan juara terbaik satu adalah Kecamatan Kapuas Timur, lomba tari pedalaman tingkat umum juara terbaik satu yaitu Sanggar Riak Nyalong Kapuas. 

Kemudian untuk lomba karungut putra juara terbaik satu adalah Kecamatan Timpah dan lomba karungut putri juara terbaik satu yaitu Kecamatan Timpah kembali.

“Untuk lomba lawang sakepeng putra yang mendapat juara terbaik satu adalah Sanggar Riak Nyalong dan kategoring lawang sakepeng putri yang mendapat juara terbaik satu yaitu Sanggar Tingang Menteng Panunjung Tarung Kecamatan Selat,” kata Suparman.

Sedangkan untuk kategori lomba Balogo yang mendapatkan juara terbaik satu yaitu Kecamatan Pulau Petak dan untuk kategori lomba bagasing juara terbaik satu didapatkan oleh Kecamatan Pasak Talawang.

Baca juga: Sejumlah pejabat daerah kunjungi Rumah Duka Dandim Kapuas

Baca juga: Bupati dorong masyarakat bantu jaga ketersediaan darah di Kapuas

Baca juga: Selain Kapuas Tengah, banjir landa Pasak Talawang