Bupati ingatkan BPD di Seruyan bekerja secara maksimal

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten seruyan,seruyan,bupati seruyan,Yulhaidir

Bupati ingatkan BPD di Seruyan bekerja secara maksimal

Penandatangan pengambilan sumpah janji peresmian BPD di Tenis Indoor, Selasa (10/3/2020). ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Yulhaidir memimpin pengambilan sumpah janji  peresmian Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sesuai amanat peraturan menteri dalam negeri nomor 110 tahun 2016 tentang BPD.
 
"Saya berharap sekaligus mengingatkan dengan diambilnya sumpah janji BPD ini dapat menjalankan tugas dengan maksimal dan sebaiknya,” kata Yulhaidir di Lapangan Tenis Indoor, Selasa.

Menurutnya, BPD sebagai penampung, penyalur aspirasi masyarakat desa, membahas dan menyepakati peraturan desa serta menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Yulhaidir mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatian BPD di seluruh kabupaten Seruyan, yakni, bekerja dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

"Sebagai unsur pemerintahan, BPD merupakan mitra kepala desa, untuk itu bangunlah komunikasi yang baik, dan harmonis serta terus melakukan koordinasi dan bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan desa," kata dia.

Baca juga: DPRD Seruyan dorong pengembangan potensi TNTP

Selain itu, lanjut dia, galakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa, baik kelembagaan maupun warga masyarakat desa secara keseluruhan, sehingga mendorong terwujudnya kemandirian desa baik ddai aspek ekonomi dalam kerangka grand strategy pembangunan daerah  Seruyan.

Sikapi kondisi di mana terdapat beberapa desa yang tersangkut permasalahan hukum, kembali di ingatkan kepada BPD untuk selalu mengawasi dan mendorong kinerja kepala desa untuk bersama-sama melaksanakan tugas dan kewajiban secara sinergis dan akuntabel.

"Sebagai bentuk kerja sama yang baik dan harmonis, saling dukung antara Kades beserta perangkat dan BPD beserta anggota, jangan sampai ada yang saling melaporkan justru dicari solusi yang terbaik untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi," demikian Yulhaidir.

Baca juga: Keterlibatan wanita dalam pembangunan cukup signifikan, kata Wabup Seruyan

Baca juga: Bupati perintahkan seluruh OPD Seruyan perjuangkan hak masyarakat