DPRD Seruyan berharap psikotes calon kades hasilkan pemimpin kompeten

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten seruyan,seruyan,dprd seruyan,ketua dprd seruyan,Zuli Eko Prasetyo

DPRD Seruyan berharap psikotes calon kades hasilkan pemimpin kompeten

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo saat kunjungn di desa-desa, beberapa waktu lalu ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi.

Seruyan (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Zuli Eko Prasetyo mendukung langkah pemerintah daerah setempat, yang memperketat persyaratan penjaringan terhadap para calon kepala desa pada pemilihan kepala desa serentak tahun 2020.

"Rencana Pemkab melaksanakan psikotes bagi para calon kades juga sangat bagi, dan harapannya menghasilkan pemimpin desa yang nantinya terpilih benar-benar berkompeten," kata Zuli di Kuala Pembuang, Kamis. 

Menurut dia, di gelarnya uji psikotes dan uji kemampuan intelektual oleh Pemkab Seruyan bagi seluruh calon kepala desa merupakan hal yang tepat dan harus didukung semua pihak terkait pelaksanaannya, untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) pemimpin yang berkualitas.

"Tes itu agar diketahui sejauh mana tingkat pengetahuan dan wawasan pemahaman para calon kades dalam memimpin, terutama berkaitan dengan penggunaan dana desa yang dikucurkan langsung oleh pemerintah," ucapnya.

Eko menyebut pihaknya dari DPRD Seruyan sangat mendukung dibentuknya tim penguji dari Pemkab Seruyan yang akan menjaring para calon kepala desa untuk diikutsertakan dalam Pilkades serentak nantinya.

"Kalau kepala desa ini bisa memahami aturan tata kelola desa yang baik dan benar serta mengerti dan memahami soal penggunaan anggaran desa ini, maka setidaknya mengurangi tingkat kesalahan dalam penggunaan dana desa," paparnya.

Baca juga: Pemkab Seruyan berlakukan psikotes calon kepala desa

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menambahkan, untuk jabatan kepala desa merupakan salah satu jabatan banyak diminati oleh masyarakat. Tentunya dalam hal ini harus dibarengi dengan kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki para kepala desa.

"Kami sangat mendukung adanya uji psikotes dan  uji kemampuan intelektual  untuk bakal calon kepala desa, karena sesuai dengan harapan bersama, kepala desa harus menguasai tentang administrasi hingga pengelolaan keuangan desa bisa berjalan dengan lancar," demikian Eko.

Baca juga: Bupati minta TP-PKK optimalkan perannya wujudkan kesejahteraan keluarga di Seruyan

Baca juga: Bupati ingatkan BPD di Seruyan bekerja secara maksimal