BMKG keluarkan imbauan Kalteng berpotensi dilanda hujan lebat dan petir

id bmkg,kalteng,dilanda hujan dan petir,berpotensi

BMKG keluarkan imbauan Kalteng berpotensi dilanda hujan lebat dan petir

Logo BMKG (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan imbaun untuk mewaspadai peningkatan curah hujan disertai petir di sejumlah wilayah Indonesia.

Wilayah yang berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat yang terjadi secara kontinyu disertai petir terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, tulis BMKG dalam laman Twitter resminya, Senin.

Selanjutnya ada wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku. BMKG pun mengimbau agar masyarakat selalu waspada.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," jelas BMKG.

Dalam laman Twitter resminya, BMKG memprediksi terjadinya peningkatan curah hujan di Indonesia bagian barat karena adanya gelombang atmosfer (Rosbby Equator) yang terdapat di sebagian Sumatera, Selat Karimata, Laut Jawa bagian Utara, dan adanya sirkulasi siklonik di perairan sebelah barat Sumatera.

"Kedua hal tersebut menyebabkan terbentuknya daerah perlambatan dan pertemuan angin di sekitar wilayah Sumatera dan Jawa bagian barat sehingga mendukung terjadinya pertumbuhan awan-awan hujan," tulis BMKG 

Bagi masyarakat yang ingin memperoleh informasi terkini cuaca dapat menghubungi layanan 24 jam BMKG melalui call center 021-6546315/18.